Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelontor Rp 24 Miliar untuk Rehab Puluhan SD


RUSAK: Kondisi SDN Kluwut, Kecamatan Wonorejo yang didapati rusak pada 2022 lalu. Saat ini, ada sekitar 200 SD yang mengalami kerusakan di Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, pojok kiri.Pemkab Pasuruan berencana untuk memperbaiki sekolah-sekolah rusak. Dana miliaran rupiah dialokasikan, untuk merealisasikannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Tri Agus Budhiarto mengatakan, ada 657 bangunan SD yang berada di Kabupaten Pasuruan. Dari jumlah itu, sekitar 200 sekolah mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi, kondisinya bervariasi. Ada ringan, sedang hingga berat. Bahkan, beberapa ruangan sekolah ada yang tak bisa ditempati, karena kerusakan yang parah.

"Karena akan membahayakan, bila tetap digunakan. Sehingga, kegiatan belajar dan mengajar ditempatkan di tempat yang lain," ulasnya.


Menurut Tri Agus, butuh biaya besar untuk penanganannya. Tahun ini, ada sekitar 90 sekolah yang akan disentuh rehab. "Kami mendapat sokongan dari pusat melalui DAK," sampainya.

Setidaknya, Rp 24 miliar bakal digelontorkan pemerintah pusat, untuk rehab sekolah di Kabupaten Pasuruan. Dana tersebut, belum termasuk anggaran dari daerah, berupa DAU. 

"Memang butuh dana besar. Dana yang ada pun, belum bisa menjangkau perbaikan seluruh ruang sekolah. Namun, setidaknya bisa dibenahi perlahan," paparnya.(In/yus)