Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Awas...Modus Undangan Pakai Foto Profil Pj Bupati




PASURUAN, pojok kiri.Hati-hati bila mendapatkan kiriman undangan digital. Karena bisa jadi, hal itu merupakan modus pelaku dugaan penipuan untuk menguras data dan rekening korbannya.

Baru-baru ini, wartawan Pojok Kiri, Yusuf, mendapatkan kiriman undangan digital. Undangan tersebut ditengarai dikirim oleh pelaku penipuan. Karena di belakangnya, bertuliskan PDF.

Agar meyakinkan, terduga penipu menggunakan foto profil Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto pada Display Picture (DP) WA-nya. "Tiba-tiba saya mendapat undangan. Saya curiga, karena selain nomor baru dari Pj Bupati juga ada tulisan PDF di belakang undangan tersebut," sampainya.

Ia pun tak berani membuka. Karenanya, ia pun langsung mengkonfirmasi undangan tersebut ke Pj Bupati. 

Benar saja, pesan undangan tersebut, ditengarai kuat dilakukan oleh penipu. Menurut Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, pesan tersebut bukanlah kiriman dirinya. Ia meminta, agar wartawan Pojok Kiri berhati-hati. Jangan sampai mengklik atau membuka.

Karena beresiko akan menguras data hingga terburuk isi rekening dari orang yang membuka undangan digital itu. "Yang dihack bukan HP saya. Tapi, orang yang ada di samping saya, waktu menerima medali. Saya rasa, masyarakat sudah paham tentang modus tersebut. Tapi gak papa, agar mencegah hal tak diinginkan, gak papa disoundingkan ke publik," singkatnya.(Yus)