Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Musisi Talenta Asal desa Jawara Membuat Seniman Pasuruan Takjub



Pasuruan, Pojok Kiri
Putri Talenta, asal desa Jawara, dusun Carat Desa Carat Kecamatan Gempol. Menjadi teka-teki dan tanda tanya seputar Putri Talenta yang pandai menyanyi dan bermain gitar, Nama lengkapnya adalah Aqilah Qisya Alhumairah, Gitaris talenta yang masih duduk kelas 4 SD di SDN II Carat, mampu tampil tunggal di acara kembali ke kampung halaman bertajuk "SENANDUNG TUAN RUMAH" Sabtu,
20-25 Januari 2024, di Grand Mulia Sakinah
Jalan Raya Sakinah No.88, Sumbersuko, Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Selain mengcover lagu-lagu yang lagi hits, juga punya puluhan video cover yang lebih keren. Ia mampu menguasai berbagai genre musik, mulai kroncong, pop, rok dan dangdut.


Anak bungsu 2 bersaudara yang lahir 17 Nopember 2013 ini awalnya belajar sendiri tanpa bimbingan guru (otodidak), sejak masih umur 6 tahun, dan baru dikenalkan sekolah privat musik dan nyanyi oleh keluarganya saat umur 9 tahun. Tak hanya mendengar berbagai jenis lagu, Qisya juga kerap mengikuti irama lagu dengan gitarnya.

Menurut Mamanya, Tri Agustin, Qisya punya kemampuan memainkan gitarnya semenjak ia masih berumur 6 tahun. Baru mengulik lagu yang ia baru dengar secara cepat. 

Tak heran, permainan gitar sang Putri Talenta ini sering mendapat pujian dan dukungan guru-guru, teman, dan komunitas seniman.

"Bakat mulai kecil, mulai umur 6 tahun sudah ngenjreng (memainkan gitar), gitar itu dapat hadiah dari kelompok keroncong Pasuruan (gitar anak), Eko ketua musik keroncong Pasuruan. Awalnya asal ngejreng saja,"ucapnya.

Mama sekaligus manager 
Qisya Ini menuturkan jika putrinya itu juga senang mempelajari teknik gitar, selanjutnya ia belajar kunci dasar memainkan gitar sendiri untuk dimainkan dan dipetik, dan itu lewat situs berbagi video, seperti you tube. Kemudian ia mulai menyanyi pada umur 9 tahun," beber Agustin secara khusus kepada jurnalis Pojok Kiri di ruang kerjanya balaidesa Carat. Kamis (25/01/2024).


"Awalnya dia bisa sendiri, bermula belajar dari HP, Qisya memang cepat menangkap, Karena saya kasian saya les prifat musik saat kelas 3 SD. Akhirnya tidak hanya bisa memainkan alat musik, tapi dia juga bisa menyanyi, "Ungkapnya.

Skill hebat Qisya bermain gitar, Mamanya di tanya apa ada silsilahnya. Namun, sang Mama mengakui kalau talenta Qisya sudah terlihat sejak ia masih kecil. 

"Bakat seni Qisya adalah natural, bakat dari lahir. Selebihnya, ini anugerah dari Allah yang di berikan kepada anak saya. "Kata Agustin.

Cukup terkejut sih anak seumuran Qisya bisa bermain gitar dan hafal puluhan lagu Kroncong, pop, dangdut dan Rok .

"Karena jarang ada anak kecil main gitar, begitu di padukan dengan suara nyanyinya, ternyata anak saya suaranya punya ciri khas (membentuk), "tambahnya.

Putri Talenta dari Desa Jawara yang bercita - cita menjadi Polwan sekaligus artis ini ternyata sudah tertanam jiwa Nasionalisme, Qisya layak diacungi juara. Ia tidak melulu membawakan lagu-lagu hits dari para musikus. Putri Talenta ini juga peduli dengan musisi lokal khas Indonesia seperti musik kroncong. Hal ini di tunjukkan saat acara kembali ke kampung halaman bertajuk "SENANDUNG TUAN RUMAH" Sabtu, 
20-25 Januari 2024.

Acara yang di selenggarakan di Grand Mulia Sakinah
Jalan Raya Sakinah No.88, Sumbersuko, Gempol, Kabupaten Pasuruan tersebut di isi dengan berbagai acara, termasuk Pameran / Teater / Tari / dan Musik.

Penampilan Aqilah Qisya Alhumairah saat pementasan musik akustik tanggal 24 Januari 2024 mampu membuat penonton takjub. Vokal dan irama gitar yang di petik seirama dengan lagu yang di lantunkan. Para Seniman yang berkumpul saat itu takjub, bahkan semua men-support supaya bakat Qisya dikembangkan.(Syafi'i/Yus).