Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Louncing Pendopo Arcopodo, Penguasa Alam Bawah



Pasuruan, Pojok Kiri
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur menghadiri launching program Desa Berdaya yang merupakan program icon dari DPMD Prov Jatim. Program Desa Berdaya diluncurkan dengan tujuan menumbuhkan icon icon desa mandiri yang ada di Jawa Timur.

Launching kali ini dilaksanakan di Wisata Transit Sumber Air Panas Wong Pulungan Dea Kapulungan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/10/2023) dengan nama iconnya Pendopo Arcopodo.

Acara launching Program Desa Berdaya dihadiri oleh tamu undangan , konsultan DPMD Jawa Timur Arif Wicaksono,
,DPMD kabupaten Pasuruan Echwan, Camat Gempol Komari , Kepala Desa Kapukungan Didik Hartono, Babinsa-Bhabinkamtibmas, LPM dan Ibu-ibu PKK, Tenaga Ahli dan Tenaga Konsultan Program desa berdaya serta unsur lainnya.


Hal tersebut juga disambut baik oleh Kepala desa Kepulungan Didik Hartono, sambil menunjukkan hasil karya Mak-mak PKK desa Batik Kapulungan, "meskipun tidak terlalu banyak louncing terkait maslaha batik, perlu diketahui juga bahwa batik kapulungan sudah merambah ke-42 negara, dalam hal ini berkat pengaruh CSR perusahaan Sorini, " ungkap Didik sambil menunjukkan baju batik yang dipakainya.

Didik Hartono juga menyampaikan bahwasannya program-program Pemprov Jawa Timur dalam hal ini Cetar ( pelayanan Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, dan Responsif ),dan ini berdampak kepada desa Kepulungan, dipercaya menjadi desa berdaya dan dapat bantuan Rp. 100juta.

" Selamat untuk Pak Echwan yang selalu mensupport saya dari DPMD kabupaten Pasuruan. "Ucap Didik.

Di desa Berdaya ada Pendopo Arcopodo. Bukan tanpa alasan bangunan pendopo di tengah-tengah Wisata Transit Sumber Air Panas Wong Pulungan di beri nama Pendopo Arcopodo oleh Pemdes Kepulungan.


" Pendopo Arcopodo inipunyai filosofi tertentu, Arcopodo dalam bahasa sansekerta Hindu Budha Jawa kuno memiliki arti penguasa alam bawah, alam kematia, alam qoib, neraka bawah tanah, sehingga di kawasan ini dusun Gondang dan dusun Arcopodo tanahnya kalau digali/dibor dengan kedalaman tertentu akan keluar air panas, "terangnya.

Lebih lanjut Didik juga menjelaskan bahwasannya Sumber air panas diberi nama Wisata Transit Sumber Air Panas Wong Pulungan, seperti halnya arti dari Arcopodo, Wong Pulungan mempunyai arti yang luas.

"Bahas Wong Pulungan itu artinya luas, mangkanya penguasa alam bawah punya arti yang luas juga. "jelasnya.

Sesuai denga visi-misinya saat mencalonkan kepala desa Kepungan, dan sesuai program Jokowi desa membangun Indonesia. Artinya menggali potensi desa, Didik hartono mengaplikasikan potensi desa Kepulungan sehingga terwujudnya Wisata transit sumber air panas wong Pulungan.

Desa Kepulungan dinilai sudah mampu melakukan pengembangan desa tematik (iconic) oleh Pemprov Jatim melalui economic branding, dalam rangka mempertegas legalisasi status desa mandiri dengan mengoptimalkan potensi dan sumberdaya desa untuk mewujudkan desa berdaya, di Wisata transit sumber air panas wong Pulungan, di tengah tengahnya telah di bangun pendopo Arcopodo.


Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur yang di wakili Echwan dari DPMD Kabupaten Pasuruan, “Program desa berdaya yang dilaksanakan pada desa Kepulungan ini merupakan program bantuan dari provinsi Jawa Timur tahun 2023, dengan tujuan memperkuat perkembangan desa dengan desa tematik melalui ekonomi kreatif, inovatif dan produktif, "ucapnya. (Syafi'i/Yus)