Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

R-APBD 2023 Mulai Diparipurnakan



PASURUAN, Pojok Kiri
 Rancangan APBD 2023 mulai diparipurnakan. Kemarin (7/11), Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyampaikan nota pengantar R-APBD 2023 di hadapan dewan.

            Menurut Gus Irsyad-sapaannya, pendapatan daerah pada 2023 diproyeksikan mencapai Rp 3,374 triliun. Besaran pendapatan tersebut, diperoleh dari berbagai sektor. Salah satunya, pendapatan asli daerah, yang diproyeksikan mencapai Rp 673 miliar.

            “Pendapatan tersebut diproyeksikan bisa diperoleh dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, serta pendapatan lain-lain yagn sah,” jelasnya.  

            Selain PAD, sumbangsi besar pendapata daerah, diproyeksikan bisa didapatkan dari pendapatan transfer. Nilainya mencapai Rp 2,644 triliun. Selain dari transfer pusat, juga dari transfer antar daerah.

            Sementara, dari sisi Belanja, diproyeksikan mencapai Rp 3,571 triliun. Besaran belanja itu, didasari oleh besaran belanja operasional yang diproyeksikan mencapai Rp 2, 348 triliun. Selain itu, juga belanja modal yang mencapai Rp 325 miliar. Serta belanja tidak terduga, dan beberapa belanja lainnya.

            “Ada defisit anggaran sebesar Rp 197 miliar. Defisit tersebut, akan ditutup dengan rencana pembiayaan netto,” tukasnya.  

            Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menguraikan, pengesahan R-APBD 2023 harus diselesaikan akhir November 2022. Bila tidak, ada sanksi yang bisa dikenakan untuk daerah.ADV(yus)