Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kolaborasi 3 DPRD dari Partai Politik Berbeda, Siap Kawal dan Memajukan Desa Carat



Pasuruan, Pojok Kiri
Pelaksanaan musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2023 dan RKPD tahun 2024, di Pendopo desa Carat , kecamatan Gempol, kabupaten Pasuruan, Selasa (30-08-2022),begitu istimewa, 3 Anggota DPRD  Kabupaten Pasuruan yang mantan Pejabat tinggi Desa hadir. Ketiganya berikan arahan dan sanggup kawal usulan.

Ke-tiga Anggota Dewan DPRD kabupaten Pasuruan, H Moh Elyas SH dari fraksi partai Gerindra, Samsul Hidayat S.Ag ,M Pd. dari fraksi partai PKB, Najib Setiawan SH dari fraksi partai PKS yang sudah mendapat simpati di hati warga desa Carat tersebut, saling memberikan pembinaan, mengutarakan kepada khalayak yang hadir terkait bantuan pengawalan mereka dalam waktu dekat yang akan terealisasi, sekaligus melihat, mendengar, mencatat usulan - usulan dalam proses musrenbangdes apa yang akan bisa dia kawal melalui Pokir.

 Hadir juga Perwakilan forkompincam kecamatan Gempol, Kepala desa Carat bersama kaur desanya, Ketua BPD Carat beserta anggota, Ketua LPM desa Carat beserta anggota, Kepala pelaksanaan dusun se desa Carat, RT/ RW se desa Carat, Perwakilan PKK desa Carat, Perwakilan dari pendidik, Perwakilan dari kelompok Tani, Perwakilan dari tokoh Agama dan masyarakat, Perwakilan dari kelompok warga tidak mampu, Perwakilan karang taruna desa Carat, Staf PMD kecamatan Gempol, Pendamping kecamatan dan desa Carat.

Kepala desa Carat dalam sambutannya  menyampaikan bahwa pemerintah desa Carat untuk program pembangunan infrastruktur akan lebih memprioritaskan yang mempunyai nilai tambah untuk ekonomi yang berbasis lingkungan .

"Alkhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan Musrenbangdes ( Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) dalam rangka Penyusunan RKPDes tahun 2023 dan Penyusunan RKPD tahun 2024. Selama Pandemi, tiap tahun kita selalu mengadakan musrenbangdes, namun banyak usulan kita yang tertunda, dan tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada Bapak -Bapak  Dewan yang hadir,  yang telah mengawal usulan - usulan dari Pokmas - Pokmas, sehingga terealisasi. " Ucap Edi Santoso.


Terbatasnya anggaran desa, Edi Santoso mengutarakan langsung di hadapan ketiga Dewan supaya pendopo balai desa yang sudah usang ini untuk bisa di renovasi.

" Lama sekali, bahkan harapan kami apabila saat  jadi kepala desa, skala prioritas Kami  menginginkan Pendopo ini untuk di renovasi. Mohon bapak dewan bisa menjembatani atau mengawal sehingga bisa terealisasi, mengingat anggaran desa  kami yang terbatas. "tambahnya.


Selanjutnya perwakilan camat Gempol, Wahyu  menyampaikan dalam sambutan bahwa musrenbangdes adalah merupakan giat rutin tiap tahun dan landasannya adalah Perpendagri 114 tahun 2014 dan perbub 132 tahun 2019. ”Usulan yang telah tersampaikan untuk desa Carat termasuk istimewa akan dikawal oleh Tiga bapak dari anggota dewan.” Kata Wahyu.


Cepat ,  tanggap, dan tepat waktu,  itulah yang di lakukan oleh  H. M Elyas SH. dari fraksi partai Gerindra saat mendatangi undangan kepala desa Carat dalam giat musrenbangdes, 2 kepala sekolah SDN di desa Carat keluhkan kondisi sekolahan yang telah rusak. 
"Ada informasi sekolahan  SDN Carat 1-2 Di desa carat ada yang rusak, mohon bapak kepala sekolah untuk Monggo apa yang bisa saya bantu,"ucap Elyas.

Dewan yang berangkat mantan kepala desa Kejapanan ini  karirnya cepat melejit, berbagai jabatan dia emban. Dari berbagai pengalaman dan jabatan itulah HM. Elyas menuturkan, " Untuk membangun desa itu ada 3 Prioritas, 1. SDM, Kreatif, dan Inofatif. 2. Perangkat desa dan BPD harus bersatu, jangan saling menyalahkan ke pak lurah. Karena dengan kerjasama yang enak maka pembangunan desa akan terlaksana dengan baik. 3.Jaga kerukunan dan kekompakan,  Pak lurah ini wajib ngajak rekreasi, supaya ada kedekatan semua unsur desa. " Pungkasnya.

Tak mau kalah dengan apa yang di sampaikan oleh Rekannya,  Samsul Hidayat yang juga  anggota DPRD kabupaten Pasuruan dari fraksi PKB , menambahkan sekaligus memperjelas dan  berpesan kepada peserta musrenbangdes yang hadir agar dalam menyampaikan usulan harus memahami mana yang menjadi kewenangan pemerintah desa dan kewenangan kabupaten.

" Mohon usulan usulan itu jangan sampai salah penempatan kewenangannya, mohon untuk di pilah pilah mana kewenangan desa dan mana yang kewenangan Kabupaten. Mari kita berfikir, bagaimana desa Carat ini bisa maju.Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk kemajuan desa Carat. Dan terakhir saya pesan terkait pajak bumi dan bangunan lebih di tingkatkan, karena PBB jadi primadona Pendapatan Asli Daerah kabupaten Pasuruan . " tuturnya.

Disela - Sela acara Najib Setiawan SH dari  partai PKS hadir.  Mantan Kepala desa Kedungringin kecamatan Beji, Juga tidak mau kalah dengan anggota anggota DPRD yang lebih senior, dengan lantang Mas Najib mengutarakan, " Kami semua ini sama sama mantan pejabat desa, jadi tau apa yang menjadi keluhan desa, untuk itu  demi kemajuan dan kemaslahatan kami hadir di desa Carat, Alkhamdulillah dalam waktu dekat pendopo desa Carat bisa terealisasi. " pungkasnya.(Fii/Yus)