Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini Cara Pemdes Bulusari Wujudkan Ketahanan Pangan



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan mewujudkan pemulihan ekonomi serta ketahanan pangan sesuai Perpres No 104 Tahun 2021. Mereka juga Menyerahkan bantuan Kambing ke kelompok masyarakat Mandala dalam bentuk 15 ekor indukan kambing, Senin (28/03/2022).

Turut hadir dalam penyerahan bantuan, Kades Bulusari Siti Nurhayati dan perangkatnya , Pendamping desa, Pendamping kecamatan, Ketua BPD dan anggota, Kawil , tokoh agama dan seluruh pengurus Pokmas Mandala.

Untuk memaksimal peningkatan ekonomi masyarakat, tahun ini desa mengadakan program ketahanan pangan hewani. Yaitu, memberikan bantuan hewan ternak kambing sebagai stimulus pada Pokmas yang memenuhi syarat mendapat bantuan. Dengan harapan, kambing itu dipelihara dan besar. Kemudian, saat satu ekor kambing dijual dapat membeli kembali dua ekor kambing.

Kepada Pojok Kiri , Kades Bulusari Siti Nurhayati mengatakan, bantuan ternak kambing tersebut bersumber dari  Dana Desa, dan perlu di ketahui bawasannya penggunaan dana desa dipatok 40% untuk BLT, selebihnya 60% dapat dimanfaatkan untuk program pemberdayaan untuk masyarakat desa, rinciannya 20% untuk ketahanan pangan dan hewani, 8% untuk mendukung kegiatan penanganan Covid-19 seperti percepatan dan sosialisasi vaksinasi, sedangkan yang 32% untuk program prioritas hasil Musyawarah Desa.




”Bantuan ternak kambing untuk pokmas Mandala disalurkan sebanyak 15 Ekor, Kami berharap melalui program ketahanan pangan hewani, hewan ternak kambing itu dipelihara sampai beranak dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Dikatakan, program bantuan ternak kambing bertujuan untuk memenuhi ketahanan pangan asal hewani. Dengan sebuah harapan terciptanya peningkatan pendapatan keluarga.

"Harapan kami, ternak ini sebagai modal awal, untuk dipelihara dengan baik. Maka kami yakin dalam beberapa tahun ke depan pasti sudah semakin berkembang dan pasti berdampak terhadap pendapatan warga, tahun depan juga akan kita anggarkan untuk dusun lain, supaya merata, ekonomi masyarakat meningkat.”Pungkasnya.

Sebelum acara Serah Terima digelar tumpengan serta doa bersama agar apa yang menjadi harapan warga Desa Bulusari dan Pemerintah Desa Bulusari dapat terwujud dan dimudahkan. (Fii/Tom)