Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemdes Wonosunyo Laksanakan Musrenbangdes 2021




Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenangdes) untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022.

Kegiatan dilaksanakan di pendopo Kantor Desa Wonosunyo, Senin (9/8/21)dengan menghadirkan Camat Gempol H.Taufigul Ghoni, Kasipem PMD Kecamatan Gempol Suwanto, Kades Wonosunyo H.Shaleh, Ketua BPD And. Muid, LPMD, Pendamping Desa Eko ,Ketua RT RW, Lembaga Desa lainnya dan juga berbagai unsur seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua PKK, Ketua kader posyandu dan perwakilan pemuda. kelompok Tani Dan warga masyarakat yang sesuai dari Daftar Hadir Musrenbangdes tersebut.

Musrenbangdes yang sebelumnya sudah diproses melalui musyawarah dusun (Musdus) yang menampung usulan usulan program kerja dari masing-masing wilayah dusun di desa Panulisan. Hasil dari Musdus merumuskan kegiatan yang sudah di usulkan dalam Musdus untuk di bawa dalam penyusunan RKPDes 2021.

"Dua tahun ini Musrenbangdes Wonosunyo tertunda, mudah mudahan dari hasil forum tingkat dusun ( 6 dusun ) di godoq di forum tingkat desa sesuai skala prioritas untuk di ajukan ke tingkat kecamatan." Ungkap Muid ketua BPD.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Dalam sambutanya Camat Gempol Menghimbau kepada semua peserta Musrenbangdes bahwasannya: "Sumber daya prioritas pembangunan ditengah tengah kondisi Pandemi Sa'ad ini, kesehatan sangat mahal harganya, maka jaga kesehatan, perlu adanya kedisiplinan protkes, supaya dalam perjalanan Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan desa (RKPDes) tahun 2022 dan Penyusunan rencana Pembangunan daerah (RKPD) tahun 2023, punya Nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan. "Himbaunya.

Musrenbangdes di laksanakan guna menampung usulan masyarakat akan pembangunan di lingkungannya masing-masing agar di usulkan dan kemudian di tentukan mana saja yang menjadi skala prioritas pembangunan desa.

Kepala Desa , H. Shaleh mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya kepada seluruh peserta musyawarah yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa mengikuti musrenbangdes RKPDes tahun 2021. Beliau menjelaskan bahwa hasil Musrenbang desa yang telah disepakati oleh peserta musyawarah ini untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada Pemerintah Kecamatan sebagai dasar penyusunan RKPDes Tahun 2022.

Ditambahkan juga saat selesai  selesai acara, "Untuk hasil Musrenbang selanjutnya dilaporkan ke Kecamatan dan dikawal tim enam yang berasal dari unsur Pemerintah Desa, Lembaga Desa, BPD, PKK tokoh masyarakat, ada beberapa ususlan, penerangan jalan (PJU) mulai dusun Sumbersuko samapai Badut, Pasar desa, Sumberdaya masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, perawatan ambulan desa, Perawatan balaidesa dan  banyak ususlan yang lain tapi tetap menunggu hasil penggodokan skala prioritas disesuaikan anggaran. "Ungkap Shaleh. (An/Yus)