Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Musrenbang RKPDes Karangrejo Tahun 2022



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa Karangrejo , Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan usulan program Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 bertempat di Pendopo Balaidesa, kamis (26/8/21).

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, Musrenbangcam dan Musrenbangkab dan lolos masuk  E-Playning.

Hadir dalam kesempatan tersebut, DPRD Kab. Pasuruan  fraksi PKB H.Samsul Hidayat, Camat Taufiqul Ghoni, Kades Mukhamad Jainul, Sekdes Akhmad Shodiq, Babinsa  Sertu Bagus, Bhabinkamtibmas Bripka Akhmad Nur A. SH, BPD H. Ali Ridho, Karangtaruna Yoyok Apriyanto, LPM , Bumdes Prapto, Kader PKK dan Posyandu Eni, lembaga Pendidikan, Tokoh Agama Gus Mahmud, tokoh Masyarakat RT / RW dan Undangan yang lain.

Kades Mukhamad Jainul,  mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya kepada seluruh peserta musyawarah yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa mengikuti Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan daerah (RKPD) tahun 2023.

" Tujuaan musrenbangdes ini salah satunya mencari Nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan, salah satunya kegiatan  pasar desa yang masih membutuhkan pengoptimalan pengelolan dan operasional, sehingga pasar desa nantinya  bisa menampung UKB - UKB dan potensi - potensi yang ada di Karangrejo, besar harapan kami kepada Camat Gempol yang selalu memberikan petunjuk atau arahan kepada kami,  supaya dalam membahas usulan program, jeli  memilih dan memilah, saya yakin  DPRD Kab. Pasuruan dari  fraksi PKB  H.Samsul Hidayat dan  Camat Taufiqul Ghoni mau mengawal usulan dari desa Karangrejo, " Harap Jainul.




Upaya pemerintah desa Karangrejo mencegah stunting, dimasukkan sebagai  program skala prioritas, pertama Peningkatan Gizi Masyarakat melalui program Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk meningkatkan status gizi anak, dengan harapan Stunting di Karangrejo ada dampak penurunan. Stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis menahun sejak dari awal kehamilan.

Narasumber yang hadir dalam acara Musrenbangdes,  Samsul Hidayat yang akrab di panggil Lek Samsul, anggota DPRD Komisi II,  menyampaikan dalam sambutannya , " Perlu saya sampaikan, bahwa Musrenbang ini suatu perencanaan yang bagus yang dimulai dari Musdus untuk dibawa ke musrenbangdes, musrenbangcam, musrenbangkab, selanjutnya di bawa ke forum OPD, untuk di masukkan kedalam kotak  E-Playning, kedua dari DPR yaitu Pokok - Pokok pokok Pikiran anggota dewan, Kalau di Gempol ada Nik Sugiarti, Elyas dan saya, dari hasil reses atau cangkrukan masuk juga ke kotak E-Playning, sampai pada Rencana Kerja dan Anggaran (RKA),  yang  merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi rencana pendapatan, rencana belanja program dan kegiatan SKPD serta rencana pembiayaan sebagai dasar penyusunan APBD, di sinilah istimewanya musren, tidak ada yang berani mencoret. " Ungkap Lek Samsul.

Setelah Samsul Hidayat memaparkan proses Musrenbang yang  harus dilalui, Camat Gempol Taufiqul Ghoni membuka berlangsungnya acara Musrenbang.

" Saya apresiasi dan menambahi apa yang di sampaikan Lek Samsul,  terima kasih guyub rukunnya warga desa Karangrejo, sehingga pelaksanaan musrenbangdes berjalan dengan aman dan akomudir, mudah mudahan ihktiar kita dan ihktiar pemerintah, semua usulan diterima, Amin " Ungkap Taufiqul Ghoni. (Fii/Ron)