Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Targetkan Kenaikan PAD Retribusi Sampah



PASURUAN, pojok kiri.Pemkab Pasuruan menargetkan perolehan PAD dari retribusi sampah, bisa menanjak. Kenaikan yang dipatok, setidaknya mencapai Rp 200 juta dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Taufikhul Ghony menguraikan, target PAD dari retribusi sampah pada 2023, diancang-ancang menembus Rp 1,4 miliar. Namun realisasinya, mencapai terealisasi Rp 1,9 miliar.

Karena itu, tahun 2024 ini, pihaknya menargetkan kenaikan PAD lebih tinggi. Setidaknya bisa menembus Rp 1,6 miliar. 

"Kenaikan Rp 200 juta dari tahun sebelumnya, kami rasa realistis. Kami optimis untuk bisa merealisasikan target tersebut," sampainya. 

Ia menguraikan, target tersebut dikejar dari layanan pengangkutan sampah industri dan rumah tangga. Saat ini, lebih dari 100 perusahaan swasta, telah bermitra dengan Pemkab Pasuruan untuk pelayanan pengangkutan sampah. Setiap harinya, tidak kurang dari 400 kubik sampah diangkut ke TPA Wonokerto.

"Prioritas utama kami, tetap pada pengangkutan sampah domestik. Pengangkutan sampah dari rumah tangga, dijadwalkan pada pagi hingga siang hari. Baru kemudian siang hingga sore hari untuk pengangkutan sampah industri," jelasnya.(Yus)