Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dengarkan Keluhan Kamtibmas, Kapolres Pasuruan Cangkrukan Bersama Wong Pulungan



Pasuruan, Pojok Kiri
Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si bersama sejumlah anggotanya kembali menyambung silaturohmi dengan warga. Kali ini berkunjung ke tempat Wisata Sumber Air Panas Wong Pulungan di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, pada hari Jumat (08/03/2024) pagi.

Kegiatan silaturrohmi dengan tema Cangkrukan dengan warga (Candra) desa Kepulungan, AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si, memberikan bantuan sosial serta Pengobatan Gratis.

Tampak turut hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Utama (PJU) Polres Pasuruan, Kapolsek Gempol, Ndanramil Gempol, Camat Gempol, Kepala desa Kepulungan, Sekdes dan perangkatnya, Ketua BPD, Ketua PKK, Kader Posyandu, tokoh masyarakat dan tokoh agama.


Dalam ruangan Pendopo Wong Pulungan tema Cangkrukan bersama warga tersebut (akrab di sebut wong Pulungan), diawali dengan sambutan Kades Kepulungan, Didik Hartono.

Suatu penghormatan Bagi Didik, Pemerintah dan warga desa Kepulungan, atas Kehadiran Kapolres Pasuruan dalam forum Cangkrukan dengan warga (Candra), sama-sama mengutarakan curhatan Wong Pulungan duduk bersama sejajar dengan pejabat Polisi, TNI, dan Camat, demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia ucapkan selamat datang kepada Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si, bersama jajaran, dan Forkopimcam.

"Bagi kami baik pribadi maupun atas nama masyarakat Wong Pulungab, kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra, karena telah hadir dalam kegiatan Cangkrukan dengan Warga (Candra) di Desa Kepulungan, " Ucapnya.


Selanjutnya, bagai gayung bersambut, Kapolres Pasuruan, juga ucapkan terima kasih kepada Masyarakat Desa Kepulungan yang telah menyambut kehadirannya., " kami dalam acara (Candra) Cangkruk'an dengan Warga yang merupakan program Program Prioritas Kapolri guna menampung dan mendengarkan keluhan masyarakat berkenaan dengan gangguan kamtibmas, dan masukan bagi kami sebagai Anggota Polri," ucapnya.

Perlu diketahui bahwa CANDRA ini merupakan wadah bagi warga Pasuruan untuk menyampaikan keluhkesah tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kambtibmas) yang ada di lingkungan masyarakat termasuk kerawanan kriminal.

“Intinya kami, Kepolisian siap melayani dan membantu masyarakat untuk menjaga kondusifitas keamanan dan menciptakan situasi yang kondusif serta memelihara kenyamanan, maka dari itu kami butuh masukan langsung dari masyarakat,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si.

Kapolres berharap dengan adanya kegiatan ini, warga masyarakat bisa menyampaikan langsung tentang keluhan permasalahan yang ada di masyarakat.

"Kita juga mengajak Kasat Lantas, Kasat Reskrim, dan Kasat Resnarkoba sebagai pendamping problem solving yang insyaAllah bisa membantu menyelesaikan masalah warga sekalian," jelas AKBP Teddy.

Di sela-sela acara, Kapolres bersama steakholder yang lain melakukan pembagian Bansos sejumlah 30 paket sembako kepada warga yang kurang mampu.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga menghadirkan tenaga Medis dari Sidokkes Polres Pasuruan untuk memberikan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga Desa Kepulungan.

Selanjutnya di saat sesi tanya jawab, Fakhrudin Sekdes Kepulungan mengatakan, "Terkait pelajar yang sudah memenuhi syarat untuk bisa mengurus SIM, kami mohon bantuannya kepada Bapak Kapolres agar bisa memfasilitasi pelajar dalam pengurusan SIM secara Kolektif," ungkapnya.

AKBP Teddy menjawab, "Terkait kepengurusan SIM secara kolektif, dari pihak Polri akan membantu dan nantinya personil Bhabinkamtibmas akan mendata masyarakat Desa Kepulungan yang sudah memenuhi syarat umur, untuk mengurus SIM dan kami harapkan untuk pihak Desa bisa memberikan penjelasan kepada pihak sekolahnya, dan bagi pelajar yang belum cukup umur agar tidak membawa kendaraan Roda Dua atau Sepeda Motor," jawabnya.

Selanjutnya, Kasun Kabunan bertanya,
"Mohon ijin kami ingin bertanya terkait sekarang ini banyak pelajar yang menjadi pemakai Narkoba, melihat hal tersebut kami minta solusi kepada pihak Kepolisian bagaimana cara Rehabilitasi gratis bagi pelajar yang sebagai pemakai narkoba," terangnya.

Kasat Resnarkoba Polres Pasuruan AKP Agus Purnomo, S.H. menjawab, "Bagi pemakai narkoba yang ingin di Rehabilitasi, kami dari pihak kepolisian telah bekerjasama dengan pihak BNN Kabupaten Pasuruan yang mana rehabilitasi sudah di rekomendasi secara gratis di Lido (Jawa Barat), Untuk di Kecamatan Gempol sudah kami bentuk Posko Kampung Bersih Narkoba yang bertempat di Kantor Desa Sumbersuko, dan disana nantinya akan di tindak lanjuti bila ada warga yg terlibat pengaruh narkoba akan dilakukan rehabilitasi," jelas AKP Agus.

Kapolres menyampaikan, bersama TNI bersama pemerintahan dan masyarakat lainya mari kita jaga kondusifitas lingkungan. Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat di Pasuruan untuk tidak menggunakan narkotika baik jenis ganja maupun sabu. Karena narkoba dapat merusak kesehatan dan merusak masa depan,” pungkasnya.

Di akhir acara Kapolres bersama jajaran Forkopimcam di pandu kepala desa Kepulungan, mengelilingi area wisata Sumber air panas wong Pulungan. Kapolres ucapkan terima kasih, dan berjanji akan berendam di sumber air panas tersebut, "kapan-kapan kita berendam di sini, "tutupnya. (Syafi'i/Yus).