Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Kabupaten Pasuruan Gelar Pelantikan Serentak , 31.535 Anggota KPPS di Pemilu 2024





Pasuruan, Pojok Kiri
Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat, hanya tinggal 20 hari lagi. Untuk menghadapi pelaksanaan pencoblosan

Petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Kabupaten Pasuruan menjalani pelantikan dan diwajibkan menanam pohon. Aksi tersebut dilakukan untuk kepedulian lingkungan terkait banyaknya kertas yang digunakan untuk logistik selama pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Anggota KPU Kabupaten Pasuruan divisi Hukum dan Pengawasan Eriek Zainuri mengatakan, ada tujuh orang anggota KPPS yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pada hari ini Kamis 25 Januari 2024 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah dilantik. Jumlah orangnya adalah sebanyak
 31.535 yang tersebar di 4.505 titik TPS di 24 Kecamatan, 364 desa/ kelurahan se Kab. Pasuruan hari ini. Selanjutnya bimbingan teknis KPPS Pemilu 2024 akan segera diselenggarakan selama 3 hari. "Ungkap Eriek.


Pelantikan ini juga ditandai dengan penanaman 31.535 pohon yang ditanam secara swadaya, serentak di titik-titik pelantikan.

Jajaran PPK Kecamatan se- Kabupaten Pasuruan bersama dengan KPU Kabupaten Pasuruan bersama-sam melakukan penanaman bibit, jutaan bibit tersebut di tanam di masing masing desa usai pelantikan anggota KPPS secara serentak pada Kamis (25/01) kamarin.

Menurut keterangan anggota KPU Kabupaten Pasuruan divisi Hukum dan Pengawasan Eriek Zainuri mengutip dari komisi pemilihan umum
Republik Indonesia isi 
sambutan ketua komisi pemilihan umum pada pelantikan KPPS untuk pemilu tahun 2024 menjelaskan bahwa penanaman pohon secara serentak di Indonesia yang sekarang juga dilakukan serentak juga di Kabupaten Pasuruan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Pasalnya pencetakan logistik Pemilu memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian tarian alam karena bahan baku seperti kertas ( berbahan baku serbuk kayu ) dengan berbagai jenis menghabiskan sekitar 65.998 ton se Indonesia.
 
"Aksi ini dilakukan untuk kepedulian kita terhadap lingkungan terkait banyaknya kertas yang digunakan untuk logistik selama pelaksanaan Pemilu 2024. Kebutuhan tersebut bisa di ganti dengan menanam 5709.898 bibit pohon, dimana nanti tiap bibit pohon yang sudah tumbuh mampu mengganti 11,6 kg kertas,"jelasnya mengutip sambutan ketua umum KPU RI.

Iya menambahkan ,untuk anggaran penanaman sendiri tidak bersumber dari dana APBD , akan tetapi hasil swadaya dari anggota PPK dan juga anggota PPS secara mandiri ,dan kegiatan ini di lakukan secara Nasional tidak hanya di wilayah Pasuruan saja.

Ikut dalam acara tersebut Camat Gempol H Komari SH., ketua PPK Kecamatan Gempol Sulaiman, di dampingi Kepala desa Wonosari Daman Huri serta perangkat.

Di singgung besaran honor anggota KPPS di pemilu 2024 di bandingkan tahun 2019 Eriek menjelaskan bahwasannya Pada Pemilu 2019, honor anggota KPPS hanya Rp500.000, kini pada Pemilu 2024 naik menjadi Rp1,1 juta. Adapun honor ketua KPPS Pemilu 2024 yaitu Rp1.200.000 dan anggota KPPS Pemilu 2024 yaitu Rp1.100.000.

Erik berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman
kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara
pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung
jawab dan transparan. Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja
dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada
pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan
pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.(Syafi'i/Yus).