Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Apel Pengamanan Pergeseran personil, Kotak Suara dan Surat suara Pilkades Pastikan Aman.



Pasuruan, Pojok Kiri
-Personil gabungan TNI dan Polri yang ditugaskan pada pengamanan TPS Pilkades serentak 2023 bersama Ketua Panitia Pilkades tingkat Desa Melaksanakan apel pengawalan pengembalian Logistik (Kotak Suara) Pilkades dari tenpat penyimpanan / pengamanan di kantor Kecamatan Gempol menuju Kantor desa dari 4 desa yang melaksanakan Pilkades di wilayah Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Senin, (09/10/2023).

Diketahui, pada tanggal 10 Oktober 2023, masyarakat Kabupaten Pasuruan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa. Kegiatan akan dilaksanakan di 46 Desa di 20 Kecamatan. Masing-masing terdiri dari 31 Desa di 13 Kecamatan di wilayah hukum Polres Pasuruan. Selebihnya akan digelar di 15 Desa di 7 Kecamatan di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.


Pengamanan dan pengawalan pergeseran Kotak Logistik (Kotak Suara) oleh TNI/Polri dan jajaran, bersama Ketua Panitia Pilkades dilakukan dengan ketat agar kotak logistik bisa sampai dengan utuh dan aman, tanpa ada gangguan.

Personil pengamanan dari TNI, Brimob dari Bondowoso, BKO Polres Probolinggo, dan seluruh anggota baik dari polres Pasuruan maupun dari Polsek yang terdiri atas 4 personil TNI dari koramil di masing masing desa, 68 BKO, 30 Brimob, 2 personil di tiap TPS desa Rawan, dan 1personil Polisi di tiap TPS desa yang tidak rawan.

Pengamanan Pilkades tersebut serentak di wilayah terkusus yang di tempatkan di wilayah Kecamatan Gempol saat ini. Kapolsek Gempol Kompol Indro Susetiyo,SH dalam sambutannya saat memimpin apel persiapan pengamanan Pilkades di dampingi Ndanramil di depan kantor kecamatan Gempol mengungkapkan sebelum personil bergeser kedesa masing-masing, menjelaskan untuk desa Winong ada 2 calon yang salahsatunya incamben, "harap segera menyesuaikan dan komunikasi , koordinasi dengan babinkamtibmas Winong, kenali termasuk Padal (Perwira Pengendali). Segera buat grup WA, ada apapun segera laporkan, nanti babinkamtibmas menindak lanjuti ke grup Polsek. "Imbuhnya.


Menurutnya, ada 2 desa di wilayah Gempol yang masuk kategori rawan, maka di dua desa tersebut masing-masing TPS di isi oleh 2 personil pengamanan, desa Winong dan desa Jeruk Purut.

Untuk desa Karangrejo ada 3 calon yang salahsatunya incamben, Jeruk Purut 2 calon satunya incamben, dan untuk Desa Carat yang awalnya masuk desa rawan, sekarang sudah masuk kategori kurang rawan, " namun disitu tetap kita antisipasi, "ucapnya.

"Pasukan Brimob tolong bantu di kecamatan, penggunaannya sesuai perintah Saya, mana yang nantinya kita anggap rawan dan perlu patroli untuk mengantisipasi tempat-tempat rawan, "Tegasnya.

Kapolsek juga memerintahkan Padal dan Bhabinkamtibmas untuk koordinasi dengan panitia, minimal per TPS yang kategori rawan masing-masing anggota jaga di seling-seling , satu dari BKO satu dari personil Polsek.

" Saya perintahkan jauh-jauh hari untuk personil Polsek pahami TPS yang akan ditempati yang akan dilaksanakan pengamanan disitu. Semua tolong jaga hubungan baik jangan sampai ada komplain dari masyarakat terkait masalah anggota, baik dari Polsek maupun BKO, hubungan tetap dijaga, tunjukkan bahwa kita melakukan pengamanan Pilkades, jaga kebersihannya, kita mertamu di sana jaga etika itu, "pesannya.

Pergeseran pasukan, kotak suara dan surat suara Kapolsek perintahkan pada personilnya untuk pastikan kotak suara dan surat suara itu aman sampai lokasi balai desa masing-masing. Untuk besok, Selasa (10/10/2023) pergeseran ke TPS - TPS Padal mengatur tentang teknisnya. Untuk pengamanan setelah penghitungan suara selesai Kapolsek menekankan untuk benar-benar dijaga , karena menurutnya kotak suara itu bisa jadi barang bukti yang harus diamankan.

"Rekan-rekan semua amankan semaksimal mungkin, selain kita mengamankan kotak suara dan surat suara , juga rekan-rekan harus juga menjaga keselamatan diri, kalau itu memang bisa dilakukan mediasi, lakukan mediasi semaksimal mungkin, kalau memang tidak bisa , yaa silakan ambil keputusan ditempat, kalau memang itu mengganggu keselamatan anda untuk hadir disini, silakan untuk menyesuaikan, tetapi diupayakan semaksimal mungkin untuk mengamankan barang bukti tersebut dan jangan lupa segera informasikan kepimpinan "Tegasnya.

Adapun jenis-jenis logistik pemilu, yaitu kotak suara, stiker, gembok, anak kunci, hasil rekapan pilkades tiap Desa serta surat suara. Dalam proses pergeseran kotak suara dari Kantor Kecamatan tempat penitipan sementara untuk menjaga keamanannya tersebut, dari Kantor Kecamatan menuju Kantor Desa dengan menggunakan kendaraan dari panitia Pilkades.

"Mudah-mudahan kita semua sama-sama berdoa untuk pelaksanaan Pilkades besok sampai dengan selesainya, bisa berjalan aman dan kondusif. "Pungkasnya (Syafi'i/yus)