Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelaksanaan Pengambilan Nomor Urut Calon Kepala Desa Jeruk Purut Berlangsung Lancar.



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Jerukpurut Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan sudah memasuki tahapan paling krusial. Jumat (08/09/2023), Panitia pilkades Desa Jerukpurut menggelar rapat Pleno penetapan calon kepala desa yang sah dan pengundian nomor urut calon Kepala Desa sekaligus penetapan daftar pemilihan sementara (DPS) di Pendopo Balai.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, 2 (dua) calon Kepala Desa, Muspika yaitu Camat Gempol Komari, Danramil Gempol Kapten Cba HADI W , Kapolsek Gempol Kompol Indro Susetiyo,SH, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta tokoh masyarakat.

Pilkades tahun 2023 kali ini desa Jerukpurut diikuti 2 calon yakni H. Slamet dan Agus Sucipto. Kedua calon akan berkompetisi dalam ajang pilkades serentak.


Ketua penjaringan dan penyaringan calon Kades, membacakan berita acara penetapan bakal calon Kades menjadi calon Kades dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut. Mekasisme pengundian ada 2 segmen, yaitu pengambilan nomor undi dan selanjutnya pengambilan nomor urut.

Untuk pengambilan nomor undi, calon bersama-sama mengambil 1 kertas undian dan di buka bersama sama, yang mendapatkan nomor undi kecil mendapatkan kesempatan lebih awal mengambil nomor urut, dan setelah semua calon mengambil nomor urut, kemudian di buka secara bersama-sama

Ketua Panitia, saat memberikan pengarahan kepada kedua calon mengharapkan agar pilkades desa Jerukpurut damai, tentram, tenang dan tidak ada permasalahan, dari awal, pelaksanaan sampai selesai.


Camat Gempol dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa, juga pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara.

" Saya turut bahagia, karena hari ini satu tahapan telah dilalui. Saya harap warga masyarakat semakin antusias menyongsong pesta demokrasi (Pilkades) jeruk purut. Ciptakan rasa nyaman, tentram untuk kita semua. "Pesan Komari saat memberikan sambutan penetapan calon kepala desa Jeruk Purut yang berhak dipilih.

Hal yang sama juga di sampaikan Kapolsek Gempol Kompol Indro Susetiyo,SH dalam sambutannya Kapolsek meminta kepada kedua calon, timsesnya, termasuk panitianya, seluruhnya harus tegas menguasai aturan-aturan, permasalahan apapun, mohon jaga keamanan, selama pelaksanaan Pilkades, " tegasnya.

Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia.

Dengan hasil pengundian nomor urut calon Kepala Desa tahun 2023-2029 sebagai berikut :

Nomor urut 1 yakni, AGUS SUCIPTO.

Nomor urut 2 yakni, H. SLAMET

Usai pengambilan undian nomor urut kedua calon kepala desa Jerukpurut yang sah untuk dipilih, membacakan isi surat pernyataan bersama tersebut, kedua calon menyatakan sikap; 1. Menjamin Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Jerukpurut berjalan Lancar, Tertib, Aman
dan Nyaman
2. Akan menjunjung tinggi Azaz : Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil (LUBER JURDIL) dan tidak akan terjadi kecurangan, kami telah diberi kesempatan seluas-luasnya
oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa berperan aktif dan terlibat langsung pada setiap tahap
kegiatan Pemililihan Kepala Desa.
3. Siap mengendalikan para pendukung dan bersedia untuk diambil tindakan oleh pihak yang
berwajib apabila terjadi gangguan dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Jerukpurut. Selanjutnya Panitia juga;
Kami ( Ketua dan Para Anggota Panitia ) benar-benar siap melaksanakan tugas secara mandiri
dan tidak memihak serta menjamin Pemilihan Kepala Desa Jerukpurut berjalan lancar, tertib,
aman dan nyaman, karena Para Calon Kepala Desa dan pendukungnya benar-benar telah
berperan aktif dan terlibat langsung pada setiap kegiatan Pemilihan Kepala Desa dan seterusnya
menyesuaikan dengan kesepakatan lainnya, disaksikan oleh BPD Desa Jerukpurut serta Camat Gempol dan anggota Forpimka Gempol.

Selama giat berlangsung berjalan dengan aman lancar dan terkendali.(Syafi'i/Yus).