Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bakal Benahi Jembatan Okabawes



PASURUAN, pojok kiri.Jembatan Okabawes di Kelurahan Dermo, Kecamatan Bangil, bakal dibenahi. Hal ini untuk mengatasi amblesnya jembatan tersebut.

       Kaur TU PPK BBPJN 3.5, Budi Santoso mengungkapkan, pembenahan jembatan Okabawes dilakukan dengan melakukan pembongkaran plat besi dan jembatan yang lama. Pembongkaran dilakukan dengan penggalian yang menggunakan alat berat. Selanjutnya, proses pemasangan box culvert akan dilakukan.

Box culvert tersebut kemudian akan dicor, untuk selanjutnya dilakukan pengaspalan. “Kami akan bongkar dulu jembatan yang lama, untuk kemudian dilakukan pembangunan jembatan yang baru,” sampainya.

Menurut Budi, pembenahan akan dilakukan bertahap. Untuk tahap awal, sisi selatan yang akan dibongkar dan dibangun. Baru kemudian disi utara.

Panjang jembatan yang akan dipugar, sekitar 6,3 meter. Sementara lebar totalnya, mencapai 17 meter. Butuh waktu setidaknya 84 hari untuk pengerjaannya. 


Kanit Patroli Satlantas Polres Pasuruan, IPDA Yusuf mengaku, perbaikan jembatan Okabawes beresiko terhadap ancaman kemacetan di jalan. Mengingat, jalur tersebut merupakan jalur utama Pasuruan-Surabaya dan sebaliknya.

Untuk itu, pihak kepolisian melakukan rekayasa lalin. Salah satunya, dengan mengarahkan kendaraan melalui tol PIER, khususnya untuk kendaraan roda enam ke atas yang melintas dari arah Pasuruan ke Surabaya. Sementara untuk roda empat, bisa melalui persimpangan Meiji, untuk kemudian masuk Oro-oro Ombo Kulon hingga akhirnya tembus persimpangan Gudang Garam Bangil.

“Sementara untuk roda dua, tetap bisa melintas. Kecuali ada kondisi yang tidak memungkinkan, akan kami alihkan,” paparnya.

Sedangkan untuk yang jalur barat, sementara tidak banyak mengalami perubahan. Hanya antisipasi crowdid di persimpangan Dermo, Kecamatan Bangil, maka kendaraan roda enam akan diarahkannya lewat tol atau melaju lurus di Pegadaian Bangil.

“Biasanya kan masuk ke Utara. Tapi untuk sementara, kami arahkan lurus. Supaya, ketika di persimpangan Dermo, tidak sampai terjadi crowdid,” jelasnya.(yus)