Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-78 di Gempol Kedatangan Turis Eropa



Pasuruan, Pojok Kiri
Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023, Kamis (17/08/23) sekitar pukul 16.00 Wita – selesai di Lapangan Desa Karangrejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan berjalan khidmat.

 
Dalam upacara HUT RI Ke-78 turut serta Camat Gempol, Kapolsek Gempol beserta anggota, Ndanramil beserta Anggota Koramil 0819/20 Gempol, Kepala KUA, Kasi Trantib Kecamatan, Guru se Kecamatan Gempol ( Pergu ), seluruh Kepala Desa se Kecamatan Gempol beserta perangkat, Panwascam Gempol, KPU kecamatan, 
, siswa-siswi dari mulai SMP sampai SLTA, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Insan Pers dan elemen penting lainnya, dan tamu dari Luar Negeri.

Bertindak selaku Inspektur Upacara: Kompol Indro Susetyo S.H. (irup) Kapolsek Gempol, Perwira upacara: Iptu Hartono anggota polsek Gempol, Komandan Upacara: Kapten Cba Hadi Wibowo Ndanramil Gempol, Ajudan Inspektur upacara: -Briptu Yoga Suryanata A. Anggota polsek Gempol, Komandan Kompi: 
-Aipda Suyatno
-Bripka Karsono sh, MM
-Bripka M. Zaini Arwani, SH, Pembawa Acara :Nisful Yuliana, S.Pd Guru SMK Negeri 1 Gempol, Pembaca Doa :M. SYAIFUL, S. Ag kepala KUA kec. Gempol, Pengibar Bendera: SMA Walisongo Gempol
Binaan: AIPDA Heri Susanto Anggota polsek Gempol, Serka Purnomo Anggota Koramil Gempol,
Serka Sugeng Anggota Koramil Gempol, Paduan Suara: SMK Walisongo Gempol, Korsik :SMP Walisongo Gempol.

Kapolsek selaku Inspektur Upacara menuju tribun upacara penurunan bendera merah putih dimomen Hut Kemerdekaan RI Ke-78.

Suasana khidmat terlihat saat upacara penurunan bendera sang merah putih berlangsung tampak Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) dari SMA Walisongo Gempol kompak mulai dari persiapan sampai menurunkan bendera merah putih.

Di acara yang berlangsung sebagaimana yang berlangsung di upacara pengibaran bendera merah putih di pagi hari, di upacara penurunan bendera di sore hari pun para hadirin, tamu dan undangan dan segenap hadirin disuguhkan dengan penampilan Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) yang begitu memukau dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik dari awal hingga akhir acara.


Di sela-sela acara berlangsung, ada satu bus penumpang turis berhenti di pinggir jalan, pas di sisi barat lapangan, mereka melihat prosesi upacara, namun oleh panitia di persilakan duduk di kursi kehormatan. Turis tersebut merasa senang di persilakan bisa melihat langsung. Ia mengatakan saat melintas, mengetahui ada upacara bendera, "Saya minta berhenti kepada sopir, kita harus hormati upacara kemerdekaan negara, mangkanya saya turun sebagai bentuk penghormatan, "ucapnya dalam terjemahan bahasa.

Usai upaca berlangsung semua tamu dan peserta mengajak foto bersama dengan para turis dari Eropa negara Swedia tersebut, mereka saling akrab, ucapan terima kasih dan keramahan masyarakat Gempol Pasuruan kepadanya dijadikan momen penting perjalanan kunjungannya ke Indonesia.

Camat Gempol, Komari pada kesempatannya mengatakan "Melalui peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini, diharapkan seluruh masyarakat Kecamatan Gempol dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. Dengan lebih meningkatkan daya juang terhadap bangsa dan negara, serta mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, “ayo kita berpadu untuk Gempol maju dan “terus melaju Untuk Indonesia maju”, dirgahayu republik Indonesia,”pungkasnya.(Syafi'i/Yus).