Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Membanggakan, Kabupaten Pasuruan Raih Penghargaan atas Pengembangan Infrastruktur Publik dari GATRA



PASURUAN, pojok kiri Bupati Pasuruan, HM. Irsyad Yusuf kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini, penghargaan tersebut diberikan GATRA Media Group dalam ajang GATRA Apresiasi Infrastruktur Daerah.

Penghargaan itu diraih, atas langkah-langkah Pengembangan Infrastruktur Fasilitas Penunjang Publik yang telah direalisasikan. Gus Irsyad-sapaan Bupati Pasuruan, menerima langsung penghargaan tersebut dari Direktur Operasional GATRA Media Group, Budi Irawan.

Pemberian penghargaan itu, berlangsung di Soehana Hall, The Energy Building, Jakarta, Rabu (30/8). Gus Irsyad tidak sendirian. Ada lima daerah lain yang mendapat penghargaan sama. Masing-masing dari Kabupaten Gowa, Kota Padang, Kota Lubuklinggau dan Kota Makassar.

Pemkab Pasuruan dianggap telah menyelenggarakan infrastruktur pelayanan publik dengan indikator pembangunan fasilitas layanan publik yang baik dan berkesinambungan. Khususnya dalam membangun infrastruktur dan pusat kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil yang baru saja meresmikan Gedung Rawat Jalan pada tanggal 2 Agustus 2023.

Hal itu praktis, semakin melengkapi sarana dan prasarana layanan kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Mulai dari ruang tambahan Poliklinik hingga penambahan beberapa pelayanan baru. Diantaranya, Cathlab, Klinik Gastroscopy terpadu, Klinik Bedah Terpadu, Klinik Ibu dan Anak Terpadu, Klinik Gigi Spesialis Terpadu dan Unit Kemoterapi.

Pencapaian bergengsi itu, tidak diperoleh secara serta merta. Ada serangkaian riset dan penjurian ketat dengan melibatkan ahli dan pengamat di sektor infrastruktur. Seperti Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Sumedi Andono Mulyo dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Endra S. Atmawidjaja. Termasuk diantaranya, Direktur Center of Economic and Law Studie (Cellos), Bhima Yudistira Adhinegara juga Dewan Redaksi GATRA Media Group, Guritno dan Nur Hidayat.

Selain kategori Daerah Dengan Pengembangan Infrastruktur Fasilitas Penunjang Publik, ada 3 kategori penghargaan lainnya yang diberikan dalam GATRA Apresiasi Infrastruktur Daerah. Yakni kategori Infrastruktur Untuk Perekonomian Dan Proyek Strategis Nasional, Daerah Dengan Pengembangan Konektivitas (darat, laut, dan udara) dan kategori Pengembangan Infrastruktur Penunjang Perekonomian dan Proyek Strategis Nasional Non Pemerintah Daerah.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Sumedi Andono Mulyo menyampaikan apresiasinya kepada GATRA Media Group. Ia pun mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang meraih penghargaan malam itu.

Menurutnya, peran media sangat penting di era informasi sekarang ini. Tidak hanya berbagi berita tapi berbagi data, informasi pengetahuan dan best practices. Itu adalah bagian dari manajemen pengetahuan sekaligus memperbaiki tata kelola infrastruktur.

"Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, maka transformasi sosial, ekonomi, budaya, ekologi, tata kelola wilayah dan infrastruktur akan jadi bagian dari perubahan itu. Pondasinya adalah infrastruktur. Karena itu, Pemerintah selama 10 tahun terakhir bekerja keras untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur," jelasnya. 

Harapannya, kata Sumedi, sudah pasti untuk meningkatkan pelayanan dasar dan konektifitas antar daerah ditingkatkan. Juga penataan pembangunan perkotaan sekaligus mewujudkan keseimbangan pembangunan antar daerah.

"Oleh karenanya, GATRA Apresiasi Infrastruktur Daerah 2023 menjadi media bagi kita untuk memahami bersama. Bagaimana supaya infrastruktur yang kita bangun betul-betul bermanfaat bagi kemajuan daerah. Maka, peran dari Pemerintah Daerah sangat penting, mulai dari sisi perencanaan, penyiapan lahan dan dari segi pengelolaan," timpal dia.(yus)