Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Abah Slamet, Sosok Kades Pengayom, Bijak, dan Merakyat

 


Pasuruan, Pojok Kiri

Desa Jerukpurut terletak di kaki Gunung Penanggungan. Panorama yang terlihat sejauh mata memandang adalah barisan pegunungan yang hijau dan alami. Desa Jerukpurut merupakan satu-satunya akses jalan dari utara ke tempat wisata situs Candi Tetek Belahan yang merupakan wisata alam kebanggaan Kecamatan Gempol.


Hari Ini, melewati Jalan Candi Tetek Belahan,  Kamis (20/7/2023) Haji Slamet yang akrab di Panggil Abah Slamet kembali mendatangi kantor Sekretariat Paniti Pilkades Jeruk Perut untuk yang ketiga kalinya. Dua periode sudah jabatan Abah Slamet sebagai kepala desa, tiap kali akan berakhir masa jabatanya, masyarakat selalu menghendaki Abah Slamet untuk maju kembali, bahkan masyarakat selalu mewanti-wanti Abah Slamet supaya segera mendaftarkan kembali untuk jadi kepala desa.

Menjadi pemimpin memang bukanlah hal yang mudah karena tidak semua kebijakannya diterima semua pihak. Apalagi bila kebijakannya dinilai merugikan maka bersiaplah untuk tidak populer bahkan lebih dari itu akibatnya bisa kurang baik bagi pribadi dan orang-orang di sekelilingnya. Lain halnya jika kebijakannya dinilai baik dan memihak maka pujian hingga loyalitas yang dipimpin akan datang dan menguntungkan.

Seperti dialami Abah Slamet Kepala Desa Jerukpurut, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Ia dinilai banyak pihak atau masyarakat mampu menjadi pemimpin yang berhasil dengan baik di wilayahnya, terbukti dengan kehidupan masyarakatnya yang  bisa hidup tenang, rukun, damai, dan sejahtera. Sudah dua Periode Abah Slamet dipercaya masyarakatnya memimpin desa Jerukpurut.


Kepercayaan masyarakat Jerukpurut terhadap H. Slamet tidak lepas dari 

gaya kepemimpinannya  yang bekerja dengan 

penuh tanggung jawab dan menjalankan 

pemerintahannya dengan amanah, musyawarah bersama masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan, bersikap adil, 

dan memberikan kesempatan kepada 

masyarakat untuk berpartisipasi dalam 

memberikan ide dan gagasan yang sifatnya 

membangun. Sehingga tercipta pemerintahan desa Jerukpurut yang damai dan tenteram dengan memiliki tujuan yang sama untuk semua kalangan masyarakat.


Sosok Abah Slamet yang  memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang selalu memotivasi 

masyarakatnya  untuk bersama-sama melakukan 

perubahan yang lebih baikmerupakan unsur 

yang penting untuk dilakukan karena desa merupakan sebuah organisasi formal yang di dalamnya terdapat segelintir masyarakat

yang pastinya ingin ikut serta dalam pembangunan desa, maka musyarawah itu penting untuk dilakukan. 


Tidak hanya musyawarah, Abah Slamet saat memimpin kerapkali bersama jajarannya melakukan sosialisasi dengan cara  turba ke Seluruh Pedukuhan untuk lebih intensifkan sosialisasi inovasi desa Jerukpurut saat Sebuah program akan di luncurkan atau saat di terapkan, seperti halnya saat layanan online untuk masyarakat. Salah satunya Inovasi Ngadus dewe maupun pelayanan kantor desa lainnya. klik disini https://bit.ly/laporJi

Atau bisa disimak di website,desajerukpurutku.blogspot.comm. Menuju Jerukpurut desa Digital berbasis Online.


Kedekatan Abah Slamet dengan masyarakatnya di aplikasikan dengan pelayanan yaitu LAPOR Ji. Abah Slamet mempersilahkan cukup dengan mengirim pesan singkat ke CALL CENTER DESA.


Bahkan seluruh masyarakat yang sudah memanfaatkan inovasi NGadus Dewe merasa puas dengan pelayanan pemerintah desa seperti urusan KK, KTP, AKTE dan urusan surat-surat yang lain. Cukup ke Balaidesa Jerukpurut.


Setelah sukses merilis inovasi desa NGadus Dewe sejak 2021, beberapa waktu yang lalu juga secara resmi di launching website resmi KantorDesa Jerukpurut  sebagai media informasi publik, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan visi misi Kepala desa Jerukpurut bapak H. Slamet yaitu,

"MENUJU JERUKPURUT DESA DIGITAL BERBASIS ONLINE".


Moment Maslahat Award 2022, Kepala Desa Jerukpurut H. Slamet Abahe Rizal mendapat penghargaan dari Bupati Pasuruan,  menjadi salah satu nominasi Kades Terbaik yang langsung di sematkan oleh Bupati Pasuruan Dr HM Irsyad Yusuf SE MM A, didampingi Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Pengadilan Negri Pasuruan dan OPD Pemerintah Kabupaten Pasuruan. 


Terkait dengan Dana Desa Pemerintahan H. Slamet  sangat menjunjung tinggi akuntabilitas pertanggungjawaban pengelolaan Dana Desa, dengan mengikuti tahapan monitoring SPJ DanaDesa.


Tak hany itu Abahe Rizal ini juga memperoleh penghargaan tertinggi (Juara 1 ) atas kinerja aparat dan Perangkat desa dalam kegiatan Musrenbangdes tahun 2022 dengan tema MOJOPAHIT.



H. Slamet Abahe Masyarakat, "Abah Slamet", semua kalangan memanggil. Panggilan Abah, menunjukkan kedekatan kepala desa dengan masyarakatnya sehingga tidak ada kecanggungan dalam berkomunikasi. Mulai anak kecil sampai orang tua, kalau ada yang tanya siapa Abah Slamet, jawabnya selalu, "Lurah Jeruk Purut.


Momentum apapun Abah Slamet Selalu tampil dengan masyarakat, seperti bulan puasa Romadhon Abah Slamet selalu tarawih keliling, bahkan saat momen hari pendidikan, Abah Slamet  mendapat kehormatan kunjungan silaturahmi dari insan pendidikan di desa Jerukpurut

1. TK PKK VII

2. PAUD DAHLIA DIYENG

3. SDN JERUKPURUT 1

4. SDN JERUKPURUT 2

5. MI MIFTAHUL HUDA

6. MTS MIFTAHUL HUDA

7. SMK MIFTAHUL HUDA 


Tidak hanya itu Abah Slamet juga dekat dengan Karang Taruna Desa Jerukpurut, hal ini tampak saat Karangtaruna kembali menyelenggarakan Open Turnamen Sepak bola KADES CUP sampai saat ini terselenggara yang ke 9. 


Desa Jeruk Purut juga mendapatkan predikat Kampung KB (Kampung Keluarga Berkualitas). Sampai-sampai Sekretaris Utama BKKBN RI berkesempatan mengunjungi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang ada desa Jeruk Purut.


Bukan hanya itu lanjutnya, salah satu kelebihan yang paling nyata di mata masyarakat Jeruk Purut  adalah karakternya yang mengayomi, mudah dihubungi dan selalu siap kapan dan di mana saja untuk melayani warganya. Terlebih jika dalam masalah yang perlu penanganan khusus.

“Coba saja hubungi Pak Kades, sekalipun di waktu istirahat Kades siap untuk diganggu warganya jika itu untuk kebutuhan warga,” ujar beberapa warga Jerukpurut

Hasil pantauan Pojok Kiri, pembangunan di Desa Jeruk Purut terbilang merata, baik fisik maupun nonfisik, semuanya dibangun secara baik, selama kepemimpinannya sebagai kades.


Menanggapi penilaian positif warga tentang kinerjanya Abah Slamet menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Jeruk Purut yang telah mempercayainya untuk memimpin desa tersebut selama ini.


“Terima kasih kepada seluruh warga desa yang selalu kompak mendukung kinerja saya selama menjabat sebagai kepala desa dan sudah bersama-sama membangun Desa Jeruk Purut menjadi lebih baik dan maju,” paparnya.


Ke depan dia berjanji akan lebih maksimal lagi dalam bekerja. Dia juga akan memaksimalkan semua dana yang masuk ke desa untuk dipergunakan dengan baik dan dikelola secara profesional sehingga setiap rupiah yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan untuk kemajuan desa yang dipimpinya.

(Syafi'i/ Yus)