Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pastikan Aman, Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban



PASURUAN, pojok kiri
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan melakukan pengecekan hewan kurban. Satu persatu hewan kurban yang dijual pedagang, diperiksa.
Pemeriksaan ini ditujukan, untuk memastikan kondisi hewan yang dijual untuk kurban, dalam keadaan sehat. Sehingga, aman dikonsumsi untuk kurban. 
Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Ainur Alfiah menjelaskan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan, untuk memastikan hewan kurban yang diperjual belikan dalam keadaan sehat. Beberapa tempat dijujuki. Seperti di wilayah Bangil, Pandaan dan beberapa tempat lainnya. 

“Kami ingin memastikan, hewan yang akan dikurban, dalam kondisi sehat. Untuk itu, kami perlu mengeceknya satu persatu hewan yang diperjualkan pedagang,” jelasnya.  


Pemeriksaan itu dilakukan intens mendekati Idul Adha. Sejak 26-27 Juni, pemeriksaan dilakukan. Ratusan hewan kurban, berupa kambing tak luput dari pemeriksaan. Baik giginya, hingga bagian tubuh lainnya. 

Hasilnya, beberapa ditemukan kambing yang sakit mata.  “Kalau sakit mata itu wajar. Karena imbas dari perjalanan jauh dan berdebu,” bebernya. 

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya memberikan obat tetes mata. Serta vitamin bagi hewan kurban. Agar kondisinya membaik dan imunnya terjaga.(yus)