Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kreatifitas Warga Kejapanan Jadi Perhatian DPR RI dan Bank Indonesia


Pasuruan, Pojok Kiri
Menyelamatkan UMKM sama dengan menyelamatkan perekonomian nasional. 
Perbankan juga didorong untuk melakukan berbagai upaya pemberdayaan UMKM, baik dari sisi pembiayaan, pendampingan, maupun 
pengembangan kapasitas usaha agar UMKM bisa naik kelas.

" Kami Berharap Bank Indonesia dan Bank Jatim bisa membantu modal usaha dalam bentuk KUR, " Harap Rendy kepala desa Kejapanan dalam sambutannya di acara Partisipasi Edukasi Publik
Qris Solusi Pembayaran digital bagi UMKM yang di hadiri H. Mukhamad Misbakhun, S.E., M.H., DPR RI Komisi XI dari fraksi Golkar, Nik Sugiarti S.T DPRD Kab. Pasuruan Komisi II dari fraksi Golkar, Samsul Hadi Kepala Bank Indonesia Cabang Malang,  Riski dari Bang Jatim Pasuruan, Toga, Tomas, kader PKK, dan Karangtaruna, Jum'at( 23/6/2023 ). di Gedung Kaca Kampung Pia dusun Warurejo, desa Kejapanan, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.

Ia mengatakan, gedung kaca dua lantai  dan kios kios yang masih banyak yang  belum selesai, maka perlu support dukungan untuk penyelesaian tersebut, " "alangkah terima kasih kami jika Bapak Misbakhun, Samsul Hadi dan Ibu Riski kiranya bisa membantu kami untuk menyelesaikan ini, supaya segera bisa dimanfaatkan para UMKM dan masyarakat Kejapanan, "Harapnya.

Selain tempatnya yang strategis, Rest area kampung pia Waru Rejo menghadap exit Tol, potensi yang luar biasa, bahkan  Misbakhun DPR-RI ini sangat mengapresiasi yang tinggi, selain terhadap kreatifitas masyarakat desa Kejapanan. Usai melihat penampilan Ibu-Ibu  Sumolewo yang menggelar Fashion show dengan mengenakan batik hasil karyanya, batik Sumolewo. 

"Saya sangat terpukau dengan kegiatan Ibu-Ibu ini. "Ucapnya.


Menurutnya desa kejapanan merupakan salah satu desa yang terkenal se Indonesia yang menjadi wakilnya Pasuruan dari perempuan juga, Inul Daratista. Perjuangan Inul cermin perjuangan dan bakatnya di kembangkan dan penuh perjuangan, sampai sekelas Gus Dur membela Inul. Perjuangan luar biasa  dan itu simbul perjuangan yang mulia perempuan-perempuan Kejapanan.

" Batiknya bagus - bagus, Batik Sumolewo, sudah punya nama lagi, punya brand sendiri. "Sanjung Misbakhun.

Kreatifitas warga desa Kejapanan yang tumbuh secara original, menurut Misbakhun harusnya diberi dukungan penguatan, karena dampak ekonominya juga memberikan pengaruh yang kuat. Industri kreatif yang berkembang di masyarakat kalau difasilitasi sangat luar biasa.

"Sebenarnya industri kreatif inilah yang bisa menumbuhkan ekonomi kita, "jelasnya.

Berusaha itu tidak cuma butuh bakat, tetapi butuh ketekunan, juga butuh pelatihan. Apa bidang usaha yang mau ditekuni, Bank Indonesia (BI) selama ini sudah  melakukan  pembinaan mulai dari semua jenis usaha, makanan, pertanian, pemasaran.


BI disamping menjalankan tugas utamanya sebagai Bank central yang mempunyai tanggung jawab yang besar dalam banyak kegiatan policy, kebijakan disektor moneter, Sistem Pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan, mereka masih menempatkan diri membina UMKM, karena UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Nasional. 

"Peran UMKM yang yang dilakukan oleh BI dalam rangka memberikan penguatan, karena UMKM ini merupakan penopang ekonomi Nasional. "Pungkasnya.(fi'i/Yus).