Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

SDN Bulusari 1: Bangun Karakter Siswa-Siswi lewat Pondok Pesantren Kilat


Pasuruan, Pojok Kiri
Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh barokah, bulan penuh ampunan, bulan melipat gandakan pahala dan turunnya lailatul qodar. Pada bulan ini ratusan siswa / siswi SDN Bulusari 1 Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/4/2023) memanfaatkan bulan Ramadhan untuk dijadikan sarana belajar dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui beberapa kegiatan yang terangkum dalam kegiatan Pondhok Pesantren Kilat.

" Pondok Pesantren Kilat ini di lakukan selama 3 hari, di mulai tanggal 11 aprin dan di tutup hari ini 13 April 2923, di mulai pagi sampai jam 11 siang." Ucap Abdul Rohman.

Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan merupakan amalan-amalan wajib dan beberapa amalan sunah. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah 
dan di luar lingkungan sekolah, yang melibatkan semua dewan guru, komite sekolah, perwakilan paguyuban wali murid, pemerintah desa Bulusari serta tokoh masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

Menurut kepala sekolah SDN1 Bulusari H. Abdul Rohman mantan Kepala sekolah SDN 1 Kejapanan yang suka blusukan ini, tujuan diselenggarakannya pesantren kilat tersebut untuk melatih siswa - siswa agar sabar melewati puasa,memupuk keimanan dan ketakwaan, dasar-dasar dan tambahan wawasan yang materi pelajaran kemarin tidak ada, kalau kemarin bab puasa, sekarang bab taraweh langsung sama prakteknya. " Tandasnya.

Tak hanya itu siswa siswi juga dilatih menerapkan amalan-amalan wajib seperti puasa wajib di bulan Ramadhan, sholat wajib, dan membayar zakat. Sedang amalan-amalan sunah antara lain : membaca Al-Qur'an, menyegerakan buka, kajian Islam, dan sholat tharaweh. Pembiasaan untuk selalu berusaha menghindari marah dan bohong, yang akan merusak pahala puasa.

Siswa-siswa dilatih agar sabar melewati puasa, diadakan pula banyak kegiatan permainan secara individu maupun kelompok. Hal ini dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian anak- anak dari rasa lapar selama puasa. Kegiatan-kegiatan diatas dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Hari ketiga penutupan pesantren kilat dimulai jam 15, 30 yang di ikuti 438 siswa mulai kelas 4,5 dan 6, peserta didik di ajak dalam ragam kegiatan antara lain baca Alquran bersama, pembagian takjil, buka bersama dilanjut Sholat magrib, sholat isya' dan tarawih berjamaah.

Hj Siti Nurhayati kepala desa Bulusari yang ikut dalam kegiatan ,merasa bangga sekali terhadap pelaksanaan program Pendidikan di SDN 1 Bulusari dimana mereka melibatkan tokoh masyarakat. Menurutnya selaku kepala desa se mempunyai kewajiban untuk mendukung sepenuhnya giat pondok Ramadhan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan SDN Bulusari 1 tersebut karena sejalan dengan salah satu program pemerintah desa Bulusari.

"Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lembaga pendidikan SDN Bulusari 1, komite sekolah dan paguyuban orang tua murid serta pihak pihak lain yang mendukung kegiatan keagamaan ini, "Terangnya.


Hal senada juga di sampaikan oleh ketua komite Habib, " Mudah mudahan kegiatan ini diberikan manfaat yang baik bagi kita semua, khususnya kepada bapak guru dan komite, " Katanya.

Dia menegaskan, " Ayo kegiatan ini kita jadikan pelajaran, bahwa menjadi anak yang Soleh itubtidak harus mondok, menjadi anak yang pintar itu tidak harus keluar negeri, inilah pendidikan awal siswa -siswi, karena disini di ajari bagaimana sholat, toraweh bahkan bagaimana Mbilali dan kita praktekkan pada hari ini, " ucap Habib dalam tausiahnya usai sholat Toraweh.

Rasa haru, syukur, dan terima kasih juga di sampaikan oleh Abdul Rohman, " Saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dimana dalam giat pondok Ramadhan kilat yang kita selenggarakan pada hari ini di hadiri kepala desa Bulusari Ibu Hj Siti Nurhayati beserta perangkat desa berkenan hadir, juga ketua BPD Subhan, pengurus komite sekolah dan paguyuban orang tua murid."ucapnya.(fii/yus).