Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Wakil Bupati Sidak Dampak Cuaca Ekstrim dan Salurkan Bantuan



Pasuruan, Pojok Kiri
Cuaca ekstrim sebabkan tanah longsor di beberapa wilayah Kabupaten Pasuruan, membuat Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron menggelar sidak (inspeksi mendadak) banjir di Dusun Lumbangboro, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Senin (06/03/2023) siang.

Sesaat setelah menyambangi beberapa warga terdampak tanah longsor, wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron menghimbau kepada warga yang berada di lereng perbukitan agar lebih meningkatkan kewaspadaan saat musim penghujan ekstrim seperti sekarang.

Menurutnya, meski mitigasi bencana warga sudah sangat bagus. Namun meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda-tanda akan terjadinya bencana harus menjadi perhatian penting. Terlebih hingga kini BMKG  memprakirakan bahwa hujan dengan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di bulan maret ini.


"BMKG juga telah memprediksi bahwa hujan masih terjadi di bulan maret. Bahkan hujannya disertai angin kencang. Maka dari itu saya himbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi tanda-tanda akan terjadinya bencana," himbaunya.

Dicontohkan Gus Mujib, bentuk kewaspadaan yang bisa dilakukan masyarakat seperti misalnya berhenti dan menepi ketika hujan lebat disertai angin. Kemudian segera berpindah apabila warga di lereng perbukitan melihat ada keretakan tanah di depan tempat tinggal mereka.

"Banyak sekali contohnya. Yang simpel adalah jangan terus melanjutkan perjalanan ketika hujan lebat plus angin kencang. Mending berhenti sembari beristirahat. Kalau sudah reda silahkan boleh melanjutkan perjalanan," imbuhnya.

Tak hanya meningkatkan kewaspadaan, Wakil Kepala Daerah yang juga Pengasuh Ponpes Al Yasini ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar diberikan keselamatan dan Kabupaten Pasuruan dijauhkan dari bencana dan mara bahaya apapun.


"Disamping mitigasi bencana, sebagai Hamba Allah kita juga wajib mengangkat tangan untuk berdoa, mudah mudahan tetap dilindungi oleh Allah SWT," harapnya. 

Sementara itu, dalam sidak kali ini, Gus Mujib menyambangi Sianah (54), salah satu warga RT 02 RW 12, Dusun Lumbamngboro yang hari-harinya diselimuti deg-degan, lantaran tebing depan rumahnya mengalami longsor, sabtu (04/03/2023).

Selain melihat kondisi terkini pasca longsor, Gus Mujib juga menyerahkan bantuan berupa sembako, perabotan rumah tangga, uang tunai dan bantuan kedaruratan yang lain.

Ia berharap bantuan tersebut dapat langsung dimanfaatkan warga terdampak.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan hidup dalam untuk beberapa hari ke depan," katanya. (Fii/Yus)