Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Langganan Banjir, Sungai di Dusun Tanjung Bikin Geleng-Geleng




Pasuruan, Pojok Kiri
Setiap musim penghujan tiba, Warga Dusun Tanjung Desa Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dibuat was-was akibat banjir yang bisa datang sewaktu waktu.

Rabu (1/2/2023). Kepala Desa Gempol Akhmad Dwi Setiyono didampingi jajaran Forkopimca, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Haris, Dinas SDA Kabupaten Pasuruan dan Anggota Dewan DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat melakukan penyisiran sungai yang ada di Dusun Tanjung Desa Gempol Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Desa Gempol Akhmad Dwi Setiyono Dusun Tanjung Desa Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

"Ada sekitar puluhan rumah warga Dusun Tanjung setiap tahun tergenang banjir," Pungkas Kepala Desa Gempol.

Saat melihat kondisi sungai yang mengaliri nampak para pejabat dibuat geleng-geleng lantaran sungai banyak di penuhi ilalang, eceng gondok, hingga sampah.


Ridwan Haris Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan yang kini juga menjabat sebagai PLT Camat Gempol mengatakan Guna mengantisipasi banjir berkelanjutan, Pemerintah akan segera melakukan normalisasi di sejumlah titik. Sebagian titik lain akan dilakukan bersama warga secara gotong royong. Hal tersebut dikarenakan medan jalan yang yang tak sepenuhnya bisa di lewati kendaraan alat berat.

"Alat berat agak sulit menuju ke Sungai karena ini padat penduduk. Sebagian akan dilakukan normalisasi dengan alat berat sedangkan sisanya akan dilakukan dengan cara kerja bakti bersama sama warga," Tutur Ridwan Haris.

Sementara itu, Samsul Hidayat yang juga ikut melihat kondisi sungai Turut merasa perihatin. Pasalnya sungai dipenuhi dengan eceng gondok hinggal sampah yang membuat aliran sungai tak maksimal. 




"Kalau kita lihat kondisinya memang harus segera dilakukan normalisasi, banyak tumbuhan eceng gondok sampai sampah yang membuat air tidak mengalir lancar sehingga banjir," Tuturnya.

Dirinya menambahkan untuk Desa Gempol akan diupayakan mendapatkan bantuan berupa Tossa Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan agar dapat menimalisir sampah yang dibuang di sungai.

"Kita butuh kesadaran masyarakat pentingnya menjaga lingkungan, kita akan upayakan Desa Gempol mendapat bantuan Tossa untuk menbagangkut sampah agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai lagi," Tutup Samsul. (Tom/Yus)