Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kirab Tumpeng Raksasa Meriahkan Ruwah dusun Jembrung 1


Pasuruan, Pojok Kiri
Bertempat di Jalan Poros, Warga Dusun Jembrung 1, mengadakan Ruwah dusun, santunan anak yatim dan dhuafa. Sabtu (25/2/2023).

Acara di mulai dengan Khotmil Quran, Kirim Doa ke Makam Mbah Rowongso dan Mbah Tarwiyah, jam 18.00 WIB di lanjutkan dengan Istighosah bersama seluruh Warga Dusun Jembrung, di tutup dengan Pengajian  Pembicara  KH. Sya'roni Fadhlan dari sidoarjo dan santunan santunan anak yatim 18 dan dhuafa 24 orang.

Kegiatan diawali dengan Masyarakat berkumpul di jalan poros dusun Jembrung 1, Setelah itu dilakukan Kirab budaya dengan mengarak  tumpeng Raksasa, seluruh masyarakat dusun Jembrung 1 beriring-iringan keliling desa.

Yang menarik di atas tumpeng raksasa tersebut satu berbentuk tugu yang  menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, yaitu semangat persatuan rakyat, tugu tersebut tambah indah karena di hiasi lampu dan hasil bumi yang tertata rapi, belum lagi tumpeng ke-2 berwujud Burung Garuda yang melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Muspika kecamatan Gempol, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat dari fraksi PKB, Kades Bulusaris Siti Nurhayati, BPD, para perangkat Desa serta para Tokoh masyarakat dusun  dan seluruh lapisan masyarakat dusun Jembrung.


Menurut ketua Panitia, Subhan, kegiatan ini sekaligus memperingati Isro' Mi'roj yang di isi dengan santunan anak yatim dan dhuafa.

"Kami selaku Panitia tidak bisa membalas apa- apa, hanya Allah SWT yang senantiasa mencatatnya sebagai amal baik, " ucap Subhan.

Hal yang sama juga disampaikan Kasun Jembrung 1, Yanto saat dikonfirmasi awak media Pojok Kiri, " terimakasi kepada warganya yang kompak    dan para donatur sehingga acara ini terselenggara dengan lancar. 

Siti Nurhayati, kepala desa Bulusari Menyampaikan jika acara ini terselenggara sebagai bentuk wujud syukur kepada allah SWT atas limpahan rahmad dan nikmat yang di berikan kepada warga dusun Jembrung 1, umumnya desa Bulusari. 

"Baik berupa kesehatan atau hasil pertanian yang melimpah, maka untuk itu kita wajib menyukuri nikmat dari Allah SWT." Ucapnya


Yanto juga menambahkan jika acara sedekah dusun Jembrung 1, sudah berlangsung secara turun temurun, dan dilakukan sebelum bulan puasa idul adha, selain sebagai bentuk kerukunan sekaligus  mempersatukan masyarakat, serta menjalin kerjasama warga yang satu dengan yang lainnya.

“Karena jika masyarakat rukun dan kompak maka untuk mewujudkan pembangunan di dusun umumnya desa Bulusari akan semakin mudah”. Ujarnya

Dirinya berharap acara sedekah dusun seperti ini tidak hanya tahun ini saja melainkan secara terus menerus diadakan dan akan dijadikan agenda tahunan," harapnya.

"Marilah dengan acara sedekah bumi kita jadikan tolak ukur untuk bersatu, dan juga untuk memupuk semangat gotong royong untuk membangun dusun Jembrung 1,  dan memajukan desa yang kita cintai” Pungkasnya. (Fii/yus)