Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Destinasi Wisata Kali Lanang Mulai Dibangun


Pasuruan, Pojok Kiri
Kali Lanang sepanjang satu kilo meter di dusun Jembrungsatu desa Bulusari kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan akan dikembangkan dan dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi dan fitur air. Terutama permainan untuk anak-anak. Sungai di desa Bulusari tersebut disulap menjadi desa wisata edukasi TRIP (Perjalanan Edukasi Kali Lanang).

Sehingga sungai Kali Lanang bisa menjadi daya tarik wisatawan dan menjadi salah satu daya tarik wisata di desa Bulusari. Saluran sungai Kali Lanang disulap menjadi objek wisata oleh tangan-tangan  dingin  Kepala Wilayah (Kasun) Mas Yanto yang akrab dipanggil Landak bersama warga masyarakat dusun Jembrungsatu, yang  juga dukungan penuh dari kepala desa Bulusari Siti Nur Hayati.  

Mas Yanto Kasun Jembrung satu saat di temui awak media Pojok Kiri di lokasi yang sedang melakukan pembenahan dan bersih bersih Kali Lanang bersama warganya menyampaikan kalau air Kali Lanang ini murni dari sumber, sehingga murni tidak terkontaminasi limbah, bening, meskipun musim kemarau dibet airnya tidak berkurang (susut). Berangkat dari sini, kami terinspirasi untuk menjadikan Kali Lanang ini sebagai tempat wisata edukasi, apalagi keindahan tebing, rindangnya pepohonan sepanjang arus sungai Kali Lanang ini nantinya bisa menambah panorama keindahan Kali Lanang.

Program pemanfaatan Kali Lanang sebagai destinasi wisata  merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Desa Bulusari, khusunya warga dusun Jembrungsatu melalui program pemberdayaan masyarakat berbasis pengembangan potensi alam dan  masyarakat. Analisis dari Kasun Jembrungsatu dan Kades Bulusari  menunjukkan bahwa Kali Lanang berpotensi untuk dikembangkan sebagai jalur alam dan fitur air yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata. 


Ketua BPD Bulusari Subhan, juga sangat mendukung adanya destinasi wisata desa Kali Lanang, " Saya sangat mendukung, ini suatu kreasi yang bagus sekali, yang mana Kali Lanang ini dulu terbengkalai sekarang diedukasi, mudah-mudahan berhasil, lancar, dan sukses, karena secara langsung atau tidak langsung nantinya bisa mengangkat perekonomian warga desa Bulusari, khususnya dusun Jembrungsatu, " ucapnya.

Kali Lanang rencananya akan dijadikan sebagai tempat wisata yang memiliki berbagai wahana di dalamnya, seperti flying fox, sepeda air, pengunjung nantinya juga dapat melakukan aktivitas menyusuri Kali Lanang dengan menggunakan ban, namun sebelumnya harus berjalan kaki atau naik kendaraan yang telah di sediakan terlebih dulu. Menyusuri sungai Kali Lanang, pengunjung nantinya juga akan di bikin senang  karena pengunjung hanya perlu duduk diatas ban dan mengikuti arus sungai, di beberapa tempat nantinya  terdapat pula air terjun mini untuk pengunjung bermain air. Selama perjalanan pengunjung akan didampingi guide untuk memandu dan menjamin keselamatan.Sangat cocok buat seluruh keluarga terutama yg suka berbasah basah.

Tidak hanya itu, lokasi alamnya dengan tebing kanan - kiri yang sangat mendukung dan alami, akan di sulap lebih indah, sehingga nantinya pengunjung tidak bosan. Disepanjang sungai akan di bangun Gasebo, angkringan UKM. Bahkan untuk kawula muda,  berbagai macam spot foto ( foto Selvi ).

DPRD Kabupaten Pasuruan H. Samsul Hidayat S.ag, Mpdi yang rumahnya di desa Bulusari juga turut meninjau dan bahkan melakukan pendampingan bersama mahasiswa Unsida, dengan melibatkan kearifan lokal dalam pemberdayaan masyarakat serta turut serta menggali pemanfaatan potensi alam desa Bulusari untuk sektor pengembangan desa wisata demi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Masih Menurut Mas Yanto, ditempat tersebut juga nantinya akan dibangun berbagai edukasi seperti hidroponik, kampung Sinau bahasa Inggris, sinau musik tradisional, sinau pande besi dan juga permainan anak tempo dulu. (fii/Yus)