Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

40 Tahun KUD Sumber Pulung, Semakin Maju dan Eksis



Pasuruan, Pojok Kiri
Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya. Pelaksanaan RAT oleh koperasi diharapkan bisa dilaksanakan diawal waktu, yaitu antara bulan januari sampai dengan maret.

Camat Gempol yang diwakili sekcamnya Hj. Majidah membuka secara langsung Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Pulung di Gedung KUD Sumber Pulung , dusun Kedamean Desa Kepulungan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Kamis ( 26/1/2023) pagi . Agenda rapat tersebut dalam rangka memberikan laporan kepada anggota dari usaha koperasi Sumber Pulung selama satu tahun (2022).

"Tujuan di adakannya Rapat Anggota Tahunan ini" untuk memberikan laporan pada anggota dari usaha kita selama satu tahun ini (2022), Alkhamdulillah selama ini pihak koperasi Sumber Pulung mengalami untung. "Terang Ketua Umum KUD Sumber Pulung H. M. Yusuf  yang akrab di panggil Abah Yusuf saat di konfermasi awak media Pojok Kiri selesai memberikan arahan kepada anggota Koperasi.

Dalam sambutan dan arahannya, camat Gempol yang di wakili Sekcam  mengucapkan terima kasih kepada pengurus KUD Sumber Pulung,  karena KUD sumber Pulung  hingga saat ini tetap berkomitmen dalam mengupayakan pengelolaan koperasi agar tetap berkembang, di awal anggotanya 100, sekarang anggotanya tambah banyak sampai 500 anggota.

" Saya mohon Bapak / Ibu jangan sampai salah pilih koperasi, mohon benar - benar bisa memilih koperasi yang baik. Koperasi itu bisa di katakan sehat jika sudah mempunyai legalitas dan secara kontinyu bisa melakukan RAT tiap tahun. Koperasi Sumberpulung ini bisa dikatakan sehat, jadi harus panjenengan (anda) jaga jangan sampai mengalami kemunduran. "Ujarnya.

Keberhasilan KUD Sumberpulung tidak lepas dari sosok kepemimpinan H. M. Yusuf dan kerja keras dari pengurus - pengurus, pengawas, dan anggota-anggota koperasi yang baik -baik.


" Maka, ini perlu disyukuri bahwa Koperasi ini dikelola oleh Pengurus dan Pengawas yang betul-betul mengupayakan, bagaimana Koperasi terus berkembang. Karena, jika terus berkembang, maka Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diterbitkan otomatis juga akan semakin besar. Ini yang betul-betul bisa dirasakan oleh para anggota," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum KUD Sumberpulung H. M. Yusuf, pihaknya juga meminta kepada semua anggota KUD Tani Jaya untuk selalu komitmen dan memiliki kewajiban bersama-sama dalam membesarkan Koperasi.

"Jadi semua usaha yang dimiliki KUD ini, semua anggota ini harus ikut mempromosikan dan meramaikan, karena nanti labanya akan kembali lagi dalam bentuk SHU, Bapak / Ibu saya mohon untuk para anggota yang sudah tercatat ini mencari anggota baru, setiap anggota harus bisa membawa 2 orang anggota baru." jelasnya.


Meski Abah Yusuf di forum RAT meminta berhenti jadi ketua, namun semua peserta pengurus dan anggota serempak menolak, karena menganggap Abah Yusuf adalah sosok  yang paling mampu memimpin KUD Sumberpulung.

Dalam  masa kepemimpinannya  saat ini, pihaknya akan mempersiapkan diri untuk mengembangkan KUD Sumberpulung menjadi Koperasi yang Modern. "Saya sebenarnya ingin berhenti, masa jabatan saya kurang 3 tahun,  karena saya ini sudah tua, tidak bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi era sekarang (digital). Tau sendiri, setiap saya lontarkan di forum rapat anggota selalu di tolak, mau dimana lagi, karena ini amanah, tetap saya jalankan secara profesional dengan pengurus - pengurus yang handal sesuai eranya sekarang, era digital. Perlu di ketahui Koperasi  Sumber Pulung berdiri sekitar tahun 1982, saya jadi pengurus tahun 1984 dan di pilih jadi ketua 1986, Sampai sekarang. "Pungkasnya. (FII/Yus)