Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Rela Antri Dan Inden Beli STB

warga berjubel membeli STB di salah satu toko electronika.

Pasuruan,Pojok Kiri
Sejak siaran tv analog di matikan di 10 kota/kabupaten di Jawa Timur yakni Surabaya,Sidoarjo,Pasuruan, Gresik,Bangkalan, Lamongan,Mojokerto dan Jombang pada Selasa (20/12/22) oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Sejumlah toko elektronika digeruduk warga yang hendak membeli Set Top Box (STB). STB itu sendiri adalah salah satu alat untuk menangkap siaran tv digital atau sebagai pengganti antena UHF pada tv analog.

Seperti yang terlihat di beberapa toko elektronika di kecamatan Bangil dan Pandaan, terlihat warga berjubel membeli STB agar dapat menikmati siaran televisi digital. Salah satu toko elekronika harapan elektronik yang terletak dipusat kota Bangil, tak sedikit warga yang harus kecewa lantaran tidak mendapat STB. Hal ini dikarenakan stok STB yang ada di toko tersebut telah ludes terjual.

"Sejak toko ini dibuka jam 8:30 pagi tadi hingga pukul 10:00, kami telah menjual sekitar 50an STB berbagai merk. Mulai harga 200san ribu hingga termahal 350ribu. Saat ini stok STB yang ada telah habis dan kami menjanjikan esok hari baru ada lagi stok STB," ujar Johan pemilik toko harapan eletronik.

Pun demikian juga toko electronik yang ada di pandaan, sebut saja gaya baru dan karunia. Kedua toko tersebut ramai warga yang hendak membeli STB.

" mulai kemarin hingga hari ini, hampir ratusan orang mencari STB, sementara stock STB yang ada di toko tak sebanding dengan permintaan. Untuk mengatasi hal tersebut,pihak pemilik toko hari ini mengambil STB langsung ke Malang. Harga STB di toko kami ini berkisar Rp.200ribu hingga Rp.500ribu tergantung merknya. Harga tersebut belum termasuk setting, untuk setting STB kami hargai Rp.25ribu/STB,"ucap Yanto salah satu penjaga toko karunia elektronik.

toko kehabisan stock stb

Sementara itu seorang warga sebut saja Mustakim (39) asal Kecamatan Beji,ia kecewa lantaran sudah berkeliling setiap toko elektronil mulai dari Gempol, Bangil dan Pandaan tak kunjung mendapatkan STB yang diinginkanya.

"waduh mas,sampai capek keliling cari STB. Sudah hampir lebih dari 15 toko electronik yang tak datangi, mulai gempol,beji,bangil dan pandaa stock STB habis dan baru malam atau besok pagi," keluhnya.

Saat ditanya,kenapa baru sekarang membeli STB? dan dijawab," sibuk kerja mas, jadi gk mikirin itu. Saya sendiri baru tau informasi pergantian tv analog ke digital,baru malam kemarin, setelah baca berita online di group WA. Untuk dapat STB, saya terpaksa inden dan besok baru diambil. Sedangkan harganya Rp.330ribu sudah termasuk settingnya,"tukas Mustakim.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sejak pukul 00:00 Selasa (20/12/22) siaran tv analog yang ada di sepuluh kota/kabupaten di Jawa Timur (Surabaya,Sidoarjo,Gresik,Lamongan,Bangkalan,Pasuruan,.Mojokerto dan Jombang) secara resmi telah dimatikan (Analog Switch Off/ASO). Selanjutnya Pemprov Jatim akan segera melaksanakan ASO secara bertahap disejumlah kota di Jawa Timur.(hen)