Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pondasi Kropos, Rumah Abah Yazid Ambruk

warga gotong royong mengevakuasi mobil dan motor milik Abah Yazid

Pasuruan,Pojok Kiri
Lantaran tak kuat menahan beratnya beban, sebuah rumah yang terletak di Dusun Duren,Desa Mangguan, Kecamatan Pasrepan, Kab. Pasuruan ambles pada Kamis sore(24/11/2022) kemarin.

Rumah milik H.Ali Yazid(50) harus merelakan bagian rumahnya yakni dapur dan garasi ambles ke sungai Mangguan yang ada di belakang rumahnya.

Menurut keterangan yang disampaikan pemilik rumah (H.Ali Yazid),"kejadian hari Kamis(24/11/2022) sekitar pukul 15:00 Wib,"ucapnya pada awak media,Jumat (25/11/2022).

"Saat kejadian ia bersama keluarga berada dilantai dua rumahnya. Tiba-tiba terasa ada gerakan seperti lindu (gempa) cukup kuat, tak seberapa lama kemudian terdengar suara bergemuruh. Ia dan keluarga langsung berusaha keluar rumah, namun saat turun dari tangga menuju lantai satu, terlihat bagian dapur dan garasi sudah menganggah (ambruk) dalam sungai.

Tak hayal peralatan dapur, satu unit mobil dan dua unit sepeda motor terjebur ke sungai yang tepat berada di belakang rumah,"ujar abah Yazid sapaan pemilik rumah.

Ditambahkan olehnya, ruang dapur dan garasi yang ambles ke sungai berukuran 5x15meter persegi. Saat ini pihaknya bersama warga, masih berupaya mengevakuasi peralatan dapur dan mobil serta sepeda motor yang tercebur ke sungai. Kerugian akibat kejadian ini sekitar Rp.100jutaan," imbuhnya.

Dari pantuan dilapangan, kejadian amblesnya dapur dan garasi rumah milik korban. Diduga kuat akibat gerusan derasnya air dari sungai Mangguan beberapa hari belakangan. Pondasi rumah yang berada di bibir sungai yang tergerus, tak dapat menahan beban bangunan.

Sementara itu proses evakuasi satu unit mobil dan dua unit motor yang tercebur ke sungai oleh warga setempat, mengalami kesulitan lantaran sulitnya medan.Evakuasi itu sendiri hanya melibatkan warga dan satu mobil derek yang disewa oleh pemilik rumah dan beruntung kondisi sungai tidak banjir.(hen/yus)