Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jelang Pelaksanaan UHC Ketua DPRD Mendorong Pemkab dan OPD siapkan SDM



Pasuruan, Pojok Kiri
Guna memaksimalkan Cakupan Kesehatan bisa menyentul seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pasuruan melalui program UCH pada tahun 2023 nanti , Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan HM Sudiono Fauzan,S,ag M,ag memita kepada Pemkab Pasuruan serta semua OPD terkait untuk mempersiapkan SDM yang handal.

Dirinya menuturkan anggaran yang di siapkan di UCH  (Universal Health Coverage ) sebesar  Rp 150  Miliar dari dana cukai di tahun 2023 tidak lah sedikit yakni sebesar Rp 153,64 Miliar,keluhan sebagian  kecil masyarakat yang  masih  belum terlayanani dengan baik  saat berobat di rumah semua layanan kesehatan mulai tingkat fakses tingkat pertama hingga fakses rujukan.

“ Kami berharap Pemkab dan jajaran mempersiapkan SDM serta tehnis yang di butuhkan guna menghindari hal-hal yangg tidak di inginkan sehingga keluhan masyarakat soal administrasi saat berobat tidak lagi terjadi, ”jelasnya.

Keterangan yang sama di sampaikan oleh  Sobih Asrori Ketua komisi IV DPRD,dirinya menjelaskan pada  intinya UHC ini adalah untuk  memberikan pelayanan Kesehatan gratis kepada masyarakat , " program pelayanan  Kesehatan  gratis di Kabupaten Pasuruan sejatinya sudah si laksankan sejak tahun 2018. Hanya   tidak semua  masyarakat kabupaten Pasuruan  bisa terlayani semua lantaran keterbatasan anggaran “jelasnya.

Masih menurut Sobih Asrori, menurutnya, Pemkab Pasuruan pada  2023 nanti, akan menargetkan 95  persen dari jumlah penduduk 1.603.754 jiwa akan mendapat pelayanan  Kesehatan gratis, dari data yang ada realisasi progress  UCH,  pada  tahun ini sudah  tercapai 78 persen /1.251.684 jiwa  dengan rincian  PBI APBN (674.164 jiwa/42 ,02 persen ),PBI APBD (94.871 jiwa/5,92 persen ),pekerja mandiri (145.127 jiwa /9,05 persen dan PB  ( 13.734/0,86 persen).

Besaran iuran yang akan di tanggung  oleh Pemkab kepada masyarakat Kabupaten pasuruan baik yang sudah  menjadi peserta BPJS  maupun belum mendaftar juga akan di berikan hak yang sama “saat warga sakit atau di rawat di semua  tingkatan fakses  ,mereka akan mandapat bantuan iuran antara Rp 2.800 jt – 4.200 jt.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

UHC mengandung dua elemen inti yakni : -Akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan Perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.(Fii/Yus)