Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Disnakkeswan Pasuruan Berikan Bimbingan Teknis Kepada Peternak. Guna Tingkatkan Mutu Sapi Ternak



Pasuruan, Pojok Kiri
Dalam rangka peningkatan pengetahuan peternak dan menjaga ketersediaan daging sapi bagi masyarakat di kabupaten Pasuruan, perlu didukung dengan adanya ketersediaan pakan ternak yang baik dan memadai. Sabtu (05/11/2022).

Untuk meningkatkan ketersediaan pakan ternak. Pada bulan Oktober, Dinas peternakan dan kesehatan hewan, bidang produksi telah mengadakan kegiatan rutin bimbingan tekhnis pelatihan pengolahan pakan ternak dan pembuatan konsentrat .


Guna mendukung  kegiatan optimalisasi ketersediaan pakan ternak di kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan di beberapa kecamatan antar lain : Kecamatan Tutur pada tanggal 18 Oktober 2022, Kecamatan Purwosari pada tanggal 20 Oktober 2022, Kecamatan Bangil pada tanggal 24 Oktober 2022.


"Kegiatan bimbingan tekhnis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peternak dalam mengolah bahan baku, bahan dasar pakan menjadi bahan campuran pakan konsentrat, yang memenuhi standar minimal bahan pakan ternak dengan memanfaatkan hasil  pertanian yang berada di sekitarnya, menjadi pakan ternak yang bagus dari sumber daya lokal sehingga ketersediaan pakan ternak di kabupaten Pasuruan menjadi ad libitum tidak memandang musim". Ujar  M.Sayfi, selaku Kepala Bidang Produksi.

Dinas peternakan memberikan pelayanan sesuai prokes covid dengan pemakaian sanitizer kepada peternak sebelum masuk ke dalam ruangan bimbingan teknis untuk mencegah terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Kegiatan yg dilakukan berupa : Bimbingan tekhnis pelatihan pengolahan pakan konsentrat, Bimbingan tekhnis pelatihan pemilihan bahan baku pakan yang baik, Pengolahan dan sosialisasi cara penyimpanan pakan ternak yang benar.

Beliau juga menegaskan "Tata cara pemberian pakan ternak yang baik sesuai dengan kebutuhan ternak per umur, Jumlah yang terlibat sebanyak 120 orang, Hasil pelatihan berupa pakan ternak disimpan dan dilihat perkembangannya selama satu Minggu untuk dimonev", Pungkasnya. (mam/yus)