Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan Adakan Pagelaran Ludruk dalam Rangka Ruah deso Carat



Pasuruan, Pojok Kiri
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan adakan pagelaran Ludruk dalam Rangka Ruah deso Carat kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan,Sabtu -minggu (19-20/11/2022) . Kegiatan yang bertempat di  Dusun 
Raos Baru selama dua hari.

" Pada hakekatnya sedekah bumi ini  sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia sekaligus kita berdoa kepada leluhur kita, mudah mudahan baik yang sudah meninggalkan kita sekaligus semua warga desa Carat mendapatkan berkah. " Ungkap Edi Santoso Kades Carat.

Pagelaran tersebut di mainkan oleh Kesenian Ludruk Milik Suyono, Warga dusun Raos desa Carat  di hari pertama, hari kedua menampilkan hiburan orkes musik dangdut.

Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dan H. Elyas S.H dari Fraksi Gerindra Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan turut hadir, AKD Gempol, Perangkat desa Carat, BPD, Thomas, Toga, dan ribuan warga desa Carat tumpek blek di lokasi acara sambil menikmati pagelaran Ludruk tersebut.

H. Elyas S.H.  yang akrab di panggil Aba Elyas begitu memasuki acara di sambut antusias warga, tampak kedekatan Aba Elyas dengan warga desa. 
Bahkan awak media Pojok Kiri menanyakan langsung kepada warga yang lagi menikmati pagelaran  ludruk, mereka berkata yang sama, " Oh, Aba Elyas itu orangnya sangat Loman Mas, sering jagongan di sini seperti orang biasa, guyub, suka menyapa dan suka menolong. "Ucapnya.


Aba Elyas  DPRD Kabupaten Pasuruan melalui sambutannya mengajak segenap masyarakat untuk mendukung berbagai program pembangunan. “Kami dari komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan akan terus berusaha yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Pasuruan salah satunya desa Carat dan desa desa yang lain. Monggo yang mau mengusulkan pembangunan hubungi saya, saat ini juga ini saya punya program RTLH saya berikan kepada kepala desa yang hadir, saya berjanji akan selalu memperjuangkan aspirasi Rakyat. "Jelasnya.

“Semoga ke depan kita bisa terus bersinergi untuk bersama-sama membangun desa carat dan desa-desa lainnya di Kabupaten Pasuruan, sehingga Kabupaten Pasuruan bisa makin maslahat dan berdayasaing”. Sambut Aba Elyas. 

Hal yang sama juga di sampaikan oleh kades Carat Edi Santoso,  “Terima kasih kami sampaikan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan yang mempercayakan kepada desa kami atas digelarnya pagelaran Ludruk dan Pentas dangdut selama dua hari di desa kami. Kami terus berupaya membangun digitalisasi desa Carat, salah satu langkah kami adala menyediakan website resmi kios e-Pak Ladi (Pelayanan Kependudukan Langsung Jadi secara Elektronik), untuk itu saya menghimbau kepada warga desa Carat yang belum memiliki  KK, KTP, Akte Kelahiran dan masih cetakan lama belum ada barkotnya, segera mengurus Gratis,tidak pungut biaya sepeserpun, Selain itu kami  menyediakan  informasi seputar kegiatan desa juga untuk mempermudah pelayanan surat menyurat online melalui layanan e-lapor”, sambutnya.

Seperti diketahui, Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan berinovasi melalui kios e-Pak Ladi. Seluruh layanan kependudukan dan catatan sipil bisa diselesaikan di tingkat desa/kelurahan. Mulai dari layanan akta kematian, kelahiran, surat keterangan pindah, KK, KTP, KIA, perubahan data kependudukan, kesalahan nama, alamat, pindah, pecah KK, perubahan status KTP, dan lainnya. 

Pagelaran Ludruk dan Pentas dangdut membewa berkah tersendiri bagi pelaku UKM dan warung warung di Sepenjang menuju lokasi hiburan, banyak pelaku UKM menjajahkan dagangannya di sepanjang jalan, " Alkhamdulillah dagangan saya laris manis, dengan ini kami di untungkan banyak, semoga acara seperti ini ada lagi, " Ucap Rini pelaku UKM.

Hal yang sama juga di sampaikan Mbah Jamil, warkop jl. Dusun Raos, " Alkhamdulillah mas, tidak seperti biasanya, sampai kehabisa kopi dan gula, padahal sudah aku persiapkan lebih. "Terangnya.
(Fii/Yus)