Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimtek Budidaya Ternak Kambing dan Pakan Selase Untuk Tingkatkan Nilai Keekonomian



Pasuruan Pojok Kiri
Komuditas domba dan kambing merupakan ruang ekonomi rakyat yang strategis untuk mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas masyarakat serta kemandirian pangan.

Hanya dengan pelatihan Bimtek, maka kita akan mendapatkan ilmu praktis. Maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan mengajak kelompok peternak 6 dusun desa Bulusari mengikuti Bimbingan Teknis
Pengawasan Wilayah Sumber Bibit Ternak dan Rumpung / Galur Ternak di dusun Bendonungal RT. 2 Rw.13 desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Senin (14/11/2022).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan dan ketrampilan para peternak kambing/domba di Desa Bulusari dalam mengelola budidaya ternaknya agar lebih maju dan dapat berkembang sehingga berdampak positif terhadap pendapatan peternak tahun ini dan tahun tahun berikutnya.

" Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan peternak dalam hal managemen pemeliharaan kambing dan domba. Ucap Narasumber dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Fuad Junaedi STP.


Selain pengelolaan usaha juga perlunya peternak berkumpul membentuk kelompok. Peternak yang berkumpul dan terstruktur akan lebih memudahkan dalam berusaha. Pemilihan bibit juga berperan penting upaya pengembangan kambing dan domba. Untuk memperoleh hasil yang baik dalam pembibitan kambing dan domba harus memperhatikan juga kaidah kesehatan hewan yang meliputi Situasi Penyakit Hewan, Pencegahan dan penanggulangan Penyakit Hewan, dan Pelaksanaan Biosecurity.

Ada Lima kriteria materi budidaya ternak kambing dan domba, 1. Penggemukan, 2. Jenis jenis kambing dan domba potong, 3. Pemilihan bibit, 4. Tata laksan Pemeliharaan, 5. Pengendalian penyakit.

Tidak hanya itu saja, para peserta bimtek juga mendapatkan materi pembuatan pakan silase, mulai dari pemahaman bahan baku pakan silase, tujuan, cara pembuatan, dan peralatan yang di butuhkan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya pelatihan teknis. Dengan ini kuwalitas SDM kami meningkat. Semoga selepas ini kami harus lari bagaimana menangkap peluang dari materi tersebut. " Ucap Imam salah satu peserta Bimtek.

Disela-sela acara awak media Pojok Kiri mewawancarai Kamsir, salah satu warga dusun 
Bendonungal RT. 2 Rw.13 yang terkenal faham dan sangat menjiwai Tetang kambing. Menurutnya ciri peternak itu harus menjiwai dan menyatu dengan ternaknya, sehingga apa yang menjadi keluhan kambing itu kita harus faham, mulai selera makannya, kesehatannya, dan kenyamanannya.


" Kambing saya ini mengeluhkan apa saja seperti minta kawin, kecepit, gatokan, atau yang lain saya faham semua. " Kata Kamsir.

Lebih lanjut Kamsir juga sangat apresiasi program dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, " program dari dinas ini sangat bagus, apalagi kalau dilakukan dengan skala besar, harapan saya kedepan bisa melakukannya, karena selama ini saya lakukan secara manual dan sederhana, "Pungkasnya . (Fii/Yus).