Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

BRI Hijaukan Lingkungan Kampung PIA Kejapanan



Pasuruan, Pojok Kiri
Program “Desa Brilian” merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis SDG’s.

Desa Kejapanan yang tergabung dalam program “Desa Brilian” diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.

Kejapanan merupakan salahsatu desa di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Kejapanan berbatasan langsung dengan Desa Karangrejo di selatan, Desa Legok di timur, Desa Gempol di utara, dan Desa Carat di barat. Tempat ini merupakan daerah asal Inul Daratista. Luas ± 626 Ha, Terdiri atas 12 dusun / 27 RW / 135 RT, Jumlah penduduk 21.713 jiwa, dalam artian desa Kejapanan merupakan desa dengan sumberdaya terbanyak, 500 UMKM rumahan tersebar di semua wilayah maka sangat tepat desa Kejapanan khususnya lingkungan Kampung PIA dipercaya untuk berkolaborasi dengan BRI Cabang Pasuruan.

" Penduduk Kejapanan 2 sampai 3 kali lipat dibanding dengan desa - desa yang lain, namun anggaran Dana Desanya sama, untuk itu kami harus banyak Inovasi, berkolaborasi, bersinergi dengan siapapun juga, termasuk pada hari ini kami diperkenankan dan diberi kepercayaan untuk berkolaborasi dengan BRI cabang Pasuruan. " Ucap Kades Kejapanan Rendi Saputra.


Bentuk Kolaburasi diakhir tahun guna Menyongsong Program awal tahun 2023 sesuai pijakan pembangunan desa Kejapanan,  pemdes Kejapanan dan BRI Cabang Pasuruan melaksanakan Program BRI Menanam dengan moto ” Hijau Lingkunganku, Tumbuh Kuat Negriku, dengan melakukan penanaman beberapa macam  bibit buah di area sekitar  lingkungan Kampung PIA lapangan Rumah kaca Gedung PIA dusun Warurejo desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan Kamis (6/10/2022). Dengan tujuan Untuk mengurangi polusi udara serta meningkatkan ekonomi warga Desa.

Kepala Cabang BRI Pasuruan menyampaikan, Program BRI Menanam “Hijau Lingkunganku, Tumbuh Kuat Negriku” dengan penanaman 50 pohon Alpukat, jeruk, jambu ini diharapkan bisa menghijaukan lingkungan UMKM  kampung PIA Desa  Kejapanan. 

“Semoga bibit tanaman buah ini bisa cepat tumbuh subur dan bila sudah berbuah bisa memperindah dan  meningkatkan ekonomi warga Desa Kejapanan,” ucapnya.


Selesai membuka progam dilakukan penyerahan serta secara simbolis melakukan penanaman bersama anggota koperasi Wasuka, UMKM, dan Nasabah BRI yang ada di desa Kejapanan.

Kepala Desa Kejapanan Rendi Saputra  menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan BRI menanam di Desa Kejapanan.Rendi berharap Kolaburasi dengan BRI tidak berhenti disini karena desa Kejapanan miliki sumberdaya manusia dan 500 lebih UMKM yang tersebar di 12 dusun. (Fii/Yus).