Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kirab Budaya Raja Jawa digelar di Bulusari, Kawil Blimbing Tampil Bak Raja Airlangga




Pasuruan, Pojok Kiri
 - Kirab budaya raja-raja Jawa   dalam rangkaian Pagelaran Agung Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke 1093 di desa Bulusari, Minggu (18/9/2022), Kawil Bulusari H. M. Atim tampil sebagai sosok Raja Airlangga.

Kirab dimulai pukul 13.00 WIB dengan rute dusun - dusun yang  mengelilingi desa Bulusari. Acara di buka oleh PJ. Camat Gempol.

Kawil atau Kasun Blimbing tampil Bak Raja Kahuripan yang bergelar  Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga dengan menaiki kereta kencana diiringi dayang dayang yang di susul sang ratunya yang juga menaiki kereta kencana. Iringan dayang - dayang, Adipati dan Senopati.


" Ini bentuk kecintaan kami warga dusun Blimbing kepada desa Bulusari, apalagi di desa Bulusari ini ada situs Cungrang dan Irigasi jaman kerajaan yang baru di temukan di dusun Blimbing, ini merupakan bukti kuat bahwa Cungrang sebagai Cikal bakal adanya peradapan pertama  di Kabupaten Pasuruan. " Ucap H. Atim.


Tidak hanya itu saja, Kades , BPD, Perangkat desa,  Tokoh masyarakat, dan  Lembaga juga tampil dengan berbagai penampilan, serasa memasuki Kerajaan arak arakan Kirab budaya di desa Bulusari tampilannya sangat meriah.

Mereka tampil seolah sebagai sosok Para raja dan sultan yang mengenakan pakaian kebesaran kerajaan diarak menggunakan  kereta kencana yang iringi oleh  para pangeran, ratu, putri, penglisir, panembahan dan pemangku adat. Ini bukti kearifan budaya di Desa Bulusari merupakan peradaban kuno.(Fii/Yus)