Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dampak covid 19 Masih Terasa, Musrenbangdes Kejapanan Titik Beratkan Nilai Tambah Ekonomi, Mantan Kades Kejapanan Siap Kawal Usulan



Pasuruan, Pojok Kiri
Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya Musrenbangdes dalam rangka Penyusunan RKPDes tahun 2023 dengan tema Nilai tambah ekonomi dan pembangunan berwawasan lingkungan dan Penyusunan RKPD tahun 2024 desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan tahun 2022 telah di buka oleh Camat Gempol, Senin (8/8/2022).

80 Orang yang hadir dari 120 undangan, pada kegiatan Musrenbangdes desa Kejapanan yang di langsungkan di Balaidesa. Seluruh unsur, mulai dari Kepala Desa Kejapanan Rendi Saputra beserta perangkat, DPRD H. Elyas SH, BPD Desa Muara,Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gempol beserta tim, pendamping desa, dari unsur pendidikan,Bhabinkamtibmas dan Babinsa,Tenaga Kesehatan,PKK, Alim Ulama,tokoh masyarakat, LPM, Karang Taruna,serta pemuka masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kejapanan, Rendi Saputra menyampaikan kepada semua yang hadir,  " Kita tidak bisa dipisahkan, karena kita satu kesatuan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan yang lain - lainnya. Semoga dengan kehadiran semua ini nantik desa Kejapanan semakin maju, semakin kompak dan betul - betul bisa memajukan desa kita, " Ungkap Rendi. 

Selanjutnya acara Musrenbangdes desa Kejapanan dengan resmi di buka Oleh Camat Gempol melalui Sekcamnya Majidah. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa musrenbang merupakan tindak lanjut dari musdes, maka hari ini adalah hari penetapan musrenbangdes, yang pastinya sudah diawali dengan Musdus, dari musyawarah dusun itulah menghasilkan usulan-usulan yang nanti di implementasikan bentuk kegiatannya." Ucapnya.

Masih menurut Majidah yang akrab di panggil Ibu Sekcam, berharap semoga usulan - usulan desa Kejapanan ini ada beberapa yang di setujui yang nantinya di lanjutkan ke musrembangcam, dari musrembangcam kami akan bawa ke Musrenbang OPD, disinilah kami akan mengawal dan perjuangkan apa yang jadi usulan skala prioritas di Musrenbangcam. Untuk itu mohon dukungannya dalam proses Musrenbangdes demi kemajuan desa Kejapanan. 

Di tempat yang sama Kepala desa Kejapanan melalui Sekdesnya menerangkan bahwa dalam musrenbangdes ini desa Kejapanan menitik beratkan program ekonomi kerakyatan, dengan mempertahankan program ketahanan pangan, menghidupkan dan mengembangkan UKM - UKM. 


"Perencanaan pembangunan ke depan desa Kejapanan lebih menitik beratkan kepada Pemberdayaan Masyarakat, Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan,Pengembangan Ekonomi Kerakyatan serta penanggulangan Sampah rumah tangga, supaya mempunyai Nilai tambah ekonomi dan pembangunan berwawasan lingkungan.", terang Kades.

Ditambahkan juga, apa yang selama ini sudah dilakukan akan tetap kita pertahan seperti program peningkatan ekonomi yang sudah dijalankan oleh Pokmas-Pokmas. Apalagi dampak pandemik covid 19 , yang memporak porandakan ekonomi sangat dirasakan warga sampai sekarang, diantaranya banyak PHK dan lain lain,oleh karenanya di tahun depan guna memperkuat perekonomian masyarakat khususnya warga Kejapanan ,maka untuk program kedepan di sub pemberdayaan dan SDM lebih di utamakan untuk desa Kejapanan."Tambahnya.

Mantan Kepala desa Kejapanan yang saat ini menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Dapil Gempol dari Fraksi Partai Gerindra  H. Elyas SH. Yang duduk di Komisi Pembangunan  menyapaikan dukungannya dan siap mendukung dan mengawal apa yang menjadi usulan desa Kejapanan serta  mendampingi demi mewujudkan peningkatan perekonomian masyarakat.

" Saya ini sebelum jadi Dewan adalah Mantan kepala desa Kejapanan, saya mengerti juga saat saya menjabat kepala desa,  tidak mungkinlah kalau tidak mengawal usulan pembangunan desa Kejapanan, Monggo mari kita duduk bersama, " Ucap Elyas.

Acara dilanjutkan dengan musyawarah yang dipimpin oleh ketua BPD Kejapanan Misdi. (Fii/Yus).