Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Surat RW Gunakan Kop Kelurahan Dukuh Sutorejo Resahkan Warga SPI

Dr. Hendriyono Soesilo : Itu Kesalahannya Pak Lurah

Surat Ketua RW. 09 dr Hendriyono Soesilo yang menggunakan kop Kelurahan Dukuh Sutorejo (Foto : Yudha)

Surabaya, Pojok Kiri
Sejumlah warga Perumahan Sutorejo Prima Indah (SPI) resah dan mempertanyakan surat yang mereka terima dari dr. Hendriyono Soesilo, Ketua RW 09 Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, perihal Berita Acara Persetujuan RW. 09 Kelurahan Dukuh Sutorejo yang rencananya akan dikirimkan ke Walikota Surabaya.

“Surat tersebut janggal. Karena dibuat oleh Ketua RW 09  seharusnya memakai kop surat RW. Apakah ini namanya bukan termasuk mencatut atau pemalsuan surat?,” ungkap salah satu warga Perumahan SPI yang tidak mau disebut namanya, Rabu (15/6/2022).

Lurah Dukuh Sutorejo Isworo Andik Sucahyo, Rabu (15/6/2022) angkat bicara berkaitan beredarnya surat RW 09 menggunakan kop Kelurahan Dukuh Sutorejo.

“Besok kami rapatkan dengan warganya dan pengurusnya. Biar tidak salah paham terus,” jelasnya.

Ditanya apakah surat RW 09 tersebut mencatut instansi Kelurahan Dukuh Sutorejo, Isworo Andik Sucahyo enggan menanggapi.

“Iki nek nang WA engko salah paham mas (artinya ini kalau di WA nanti salah paham. Sebentar rapat aku,” tutupnya.

Sementara itu Ketua RW. 09 Kelurahan Dukuh Sutorejo dr. Hendriyono Soesilo menerangkan mengenai surat yang dibuatnya itu sudah diklarifikasi kepada Lurah Dukuh Sutorejo.

“Itu kesalahannya Pak Lurah dan beliau sudah meminta maaf. Saya juga tidak teliti baca. Pastinya tanya langsung ke Pak Lurah,” tandasnya, Rabu (15/6/2022).

Lebih lanjut dokter Hendri, panggilan karibnya, kalau soal pemalsuan surat itu menurutnya orang pengecut yang lapor karena tidak berani langsung bertanya kepada dirinya.

“Format surat dari pak Lurah. Sudah dikasih tahu sama Pak Lurah, tetapi tetap diteruskan. Ini orang cari masalah, orang tidak punya kerjaan dan suka cari masalah yang lapor. Namanya Andy Hartono khan kalau tidak Subekti. Ya sudah itu saja yang nyari masalah dari dulu,” ujarnya kesal.

Dokter Hendry lantas mempersilahkan Pojok Kiri besok, Kami 16 Juni 2022 datang ke Balai RW. 09 Perumahan SPI karena Lurah Dukuh Sutorejo mengundang semua RT dan pengurus RW untuk rapat.

“Buat apa saya palsukan surat. Kayak kurang kerjaan saja,” kelitnya menutup perbincangan.

Sementara itu, Andy Hartono menyayangkan ucapan dari dokter Hartono yang menuduhnya suka mencari masalah. Ia yang menjabat Ketua RT. 03 RW. 09 Kelurahan Dukuh Sutorejo lantas menceritakan kronologis beredarnya surat RW. 09 tersebut.

“Jadi dia (dr. Hendry) sebagai Ketua RW sedangkan saya sebagai Ketua RT yang mana saya disodori surat disuruh tanda tangan yang mana kop suratnya Kelurahan yang tanda tangan pak RW. Hal itu menurutnya secara pribadi itu tidak boleh,” paparnya.

Andy, sapaan akrabnya, kemudian memberikan contoh dia sebagai Ketua RT membuat surat, tetapi memakai kop surat RW selanjutnya saya berikan kepada warga berarti dia menyalahi aturan karena dirinya bukan RW.

Kemudian Andy memberikan surat tersebut ke Lurah Dukuh Sutorejo pada hari Senin, 13 Juni 2022 bermaksud untuk mempertanyakan ada surat menggunakan kop surat Kelurahan, tetapi ditandatangani oleh Ketua RW dan bagaimana tanggapannya.

“Pak Lurah begitu melihat surat itu kaget dan spontan berkata apa ini. Tidak boleh ini, salah ini, harusnya kop suratnya bukan Kelurahan, tetapi kop surat RW,” tutur Andy menirukan ucapan Lurah Dukuh Sutorejo kepadanya.

Andy mengakui dirinya paling tidak setuju dengan tindakan Ketua RW. 09 yang dinilainya kurang berkenan. Dia mengingatkan kalau melayani warga harus lurus jangan berbelok-belok.

“Mungkin pak Ketua RW tidak suka ke saya karena itu tadi. Saya suka ‘mbelejeti’ (membuka), kalau pencuri-pencuri saya ‘blejeti’ juga semua,” sentilnya.

Disinggung apakah ia akan menghadiri rapat di balai RW besok, Andy mengatakan tidak dapat hadir karena ada acara keluarga.

Ia menegaskan tidak ada masalah pribadi dengan Ketua RW.09, tetapi kalau dalam kepengurusan memang tidak cocok. Andy mengklaim dari 8 RT yang tidak cocok dengan Ketua RW.09 ada 5 RT, sedangkan yang 3 RT lainnya bukan memihak, namun abstain.

Alasannya 5 RT tidak setuju kepada Ketua RW.09 menurut Andy karena sudah terlalu banyak sesuatu kesalahan yang ddilakukan

“Kalau mau dihargai dekati Ketua RT, jangan malah memusuhi Ketua RT. Yang bertindak jujur malah dimusuhi,” pungkasnya. (Yud)