Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Hadir Sedekah Laut di Kalianak Morokrembangan

Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya : Kita Dukung Upaya Pelestarian Budaya
Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Achmad Hidayat.

Surabaya, Pojok Kiri 
Sedekah Bumi dan Laut yang digelar di wilayah RW VIII Morokrembangan, Kecamatan Krembangan yang digelar pada, Minggu (26/6/2022) terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan dimulai dari senam bersama oleh puluhan ibu - ibu di pagi hari.

Setelahnya dilanjutkan dengan prosesi panggang ayam secara serempak oleh warga RW 8 yang sudah berkeluarga, pada sore harinya dilanjutkan dengan Doa bersama serta tumpengan. 

Tradisi yang dijalankan secara turun temurun juga melarung tumpeng serta hasil bumi ke laut sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki dan berkah yang telah diberikan kepada masyarakat sekitar.

Kampung yang mayoritas penduduknya adalah nelayan tersebut juga menggelar bazar UMKM serta Pentas seni Ludruk Karisma Baru yang dihadiri oleh ratusan warga.

"ini semua adalah berkat gotong royong warga setelah dua tahun pandemi baru pada tahun ini kita dapat menggelar kembali,” kata Ladi Ketua RW setempat.

Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat dalam sambutannya memberikan apresiasi atas semangat Gotong Royong warga dalam pelaksanaan sedekah bumi.

"kebetulan masih di bulan juni , saya melihat di kampung Kalianak Morokrembangan ini nilai - nilai Pancasila dapat diimplementasikan secara nyata melalui sedekah bumi dan laut," tegas Achmad Hidayat.

Dirinya menyampaikan Bahwa segenap masyarakat memiliki kewajiban dalam berbagai upaya pelestarian budaya , sebagai bentuk mewujudkan bangsa yang memiliki kepribadian dalam budaya.

"Tanpa kebudayaan adiluhung maka kehidupan bermasyarakat akan gersang tidak tau arah, dengan begini kita dapat melihat jiwa besar masyarakat kita walaupun dalam kondisi yang tidak berlebihan namun bisa tetap berbagi dengan sesama dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

Turut hadir di lokasi Jajaran Muspika Kecamatan Krembangan , Sejumlah Tokoh Masyarakat dan Warga kalianak Morokrembangan. (and)