Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Inovasi Desa Sumbersuko Raih Juara 1 Tingkat Kabupaten Pasuruan


Pasuruan, Pojok Kiri
Pemdes Sumbersuko, Kecamatan Gempol,kabupaten Pasuruan terima Penghargaan dan piala dari  Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad).  yang telah meraih juara 1 Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tahun 2022 di  Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti pada Kamis (12/05/2022).

Berangkat dari lomba tingkat kecamatan, Pemdes Sumbersuko terpilih jadi Pilot Project Kecamatan Gempol, untuk mengikuti jenjang lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten. 

Bersaing dengan Desa-Desa Lain di Kabupaten Pasuruan dan melalui proses panjang Desa Sumbersuko akhirnya  berhasil dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tahun 2022.  

"Dengan capaian juara tingkat kabupaten bukanlah akhir dari bentuk pengabdian kepada masyarakat, akan tetapi ini merupakan awal dari semua pengabdian kami kepada masyarakat," Ujar Saiful Ma'arif Kepala Desa Sumbersuko yang akrab di panggil Kaji Arif.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Camat Gempol Camat Gempol H. Taufikhul Ghony, SE., M.Si   bahwa Desa Sumbersuko adalah salah satu desa di antara Kecamatan Gempol  yang mendapat kepercayaan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten, dari 15 desa, Sumbersuko terbaik dalam Tatakelola Pemerintahan dan Tatakelola keuangan terbaik maka Sumbersuko  menjadi ikon
Pilot Project terhadap inovasi, tertib atministrasi dan satu satunya desa di Kecamatan Gempol yang saat ini  tampil dan mendapatkan penilaian dari Tim Pengembangan Kelembagaan  Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, (DPMD) Kabupaten Pasuruan. Yang pada akhirnya desa Sumbersuko terpilih juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Pasuruan.


Desa yang cepat berkembanglah yang bisa mengikuti tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, dan  nantinya desa Sumbersuko dipastikan akan  mengikuti lomba  tingkat provinsi dan suatu kebanggaan apabila sampai tingkat Nasional. 

" Penghargaan ini tidak lepas dari Inovasi dan peran serta warga Sumbersuko khususnya kepada semua instansi maupun kelompok Pokja - Pokja PKK, Perangkat, BPD, dan semua elemen, mau meningkatkan kinerja desa dalam pemerintahan dan kewilayahan. " Ucap Kaji Arif.

Dirinya juga menambahkan bahwa salah satu inovasi yang sukses di Desa Sumbersuko Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan adalah website resmi milik desa Sumbersuko yang menyajikan seluruh informasi tentang Desa Sumbersuko Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. 


"Dengan sekali klik masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi Desa Sumbersuko. Mulai dari Kepemerintahan Desa, Budaya, UKM, Wana Wisata. Semua itu dapat dijangkau oleh masyarakat cukup dengan sekali klik di website kita www.sumbersuko1.blogspot.com" Ungkapnya. 

Disinggung perihal harapan kedepannya oleh awak media Pojok Kiri. Saiful Ma'arif dengan gaya khas nyentriknya itu mengatakan bahwa dirinya berharap dapat meningkatkan lagi dan memajukan Desa Sumbersuko dengan program program yang sudah disiapkannya. 

"Kedepan kita akan lebih tingkatkan lagi, baik dari sisi kepemerintahan, pelayanan publik dan sejumlah inovasi yang sudah ada, kita tidak boleh cepat puas dengan ini, kita berharap kedepan tidak hanya tingkat Kabupaten. Tingkat Provinsi bahkan kalau bisa Nasional juga," paparnya.(Fii/Tom/Yus)