Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Aksi Bulusari Atasi Stanting oleh Posyandu Tematik Sibunting



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa (Pemdes) Bulusari dalam upaya menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh anak balita yang disebabkan, antara lain, oleh gizi buruk.Posyandu Tematik Sibunting desa bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan melaksanakan Aksi Bulusari Atasi Stanting bertempat di Rumah Desa Sehat (RDS) Dusun Pakem , desa Bulusari, kecamatan Gempol, kabupaten Pasuruan, Rabo ( 18/06/2022).

Stunting adalah kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama. Bahkan pada akhirnya diikuti dengan gangguan kecerdasan pada anak dikarenakan kurang gizi kronis. Kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor sejak dalam kandungan ibu yang meliputi infeksi pada kehamilan, kekurangan gizi (malnutrisi) pada ibu hamil, gizi yang tidak optimal pada bayi dari sejak lahir hingga tiga tahun pertama kehidupannya, infeksi berulang, atau stimulasi yang buruk dari lingkungan.

Acara yang di gelar mulai Jam 9.00WIB yang langsung di pandu oleh Ketua kader Posyandu desa Bulusari dan Tim Ahli Gizi dari UPT Puskesmas Gempol.

Masyarakat perlu mendapatkan edukasi mengenai gizi dan kesehatan. Menurut Ahli Gisi dan kesehatan Ibu dan Anak Qomariyah Puskesmas Gempol menyatakan bahwa yang paling vital adalah membangun sumber dayanya. Dengan kemandirian keluarga yaitu pengetahuan dan sikap orang tua terkait pemberian makanan yang memenuhi gizi seimbang, stunting bisa terhindar yaitu melalui optimalisasi gizi dan kesehatan dalam 1000 hari pertama kelahiran yaitu dari masa kehamilan hingga golden age usia 2 tahun.


" Anak kalau sudah lahir harus dikasi ASI Eksklusif, semahal apapun susu tetap tidak bisa mengalahkan hasil gizinya ASI. " Ucap Qomariyah.

Qomariyah juga memaparkan bawasannya Bayi selama 6 bulan setelah lahir harus di kasi ASI, kalaupun ada tambahan itupun hanya susu jangan makanan, karena ususnya belum kuat. "Ucapnya.

Ditempat terpisah Kades Bulusari Siti Nurhayati ditemui awak media menghimbau, "Masalah stunting atau anak yang kerdil atau tidak sehat tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan anak, termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh, gagal tumbuh, masalah fungsi otak dan perkembangan organ, rentan infeksi, gangguan fisik dan mental, serta mengancam produktivitas dan fungsi hidup di masa depan. Posyandu - Posyandu di semua dusun kita tingkatkan Untuk itu Pemdes Bulusari, Kader Posyandu, Kader PKK dan Puskesdes selalu mensosialisasikan dan melakukan pencegahan melalui Aksi Bulusari Atasi Stanting, anak -anak Bulusari harus tumbuh sehat dan bebas Stanting. "Himbaunya.(Fii/Yus)