Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

SIM Cak Bhabin Terobosan Baru Satlantas Polrestabes Surabaya

Warga Surabaya Pemohon SIM Sekarang Dapat Melalui BhabinkamtibmasN
Anggota Bhabinkamtibmas lakukan simulasi ujian praktik SIM dihadapan Kapolrestabes dan Kasatlantas (Foto : Humas Polrestabes Surabaya)

Surabaya, Pojok Kiri
 Satlantas Polrestabes Surabaya terus melakukan inovasi pelayanan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM). Terbaru, Satlantas melibatkan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polrestabes Surabaya dengan nama SIM Cak Bhabin yang memudahkan warga Surabaya dalam melakukan permohonan SIM. 

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengapresiasi langkah Satlantas Polrestabes Surabaya tersebut yang saat ini dinahkodai AKBP Teddy Chandra. 
"Kami melibatkan Bhabinkamtibmas untuk menjaring warganya yang hendak melakukan permohonan SIM. Ini sebagai bentuk pola komunikasi agar polisi lebih dekat dengan masyarakat," ungkap Ndan Yusep, panggilan karibnya, Sabtu (2/4/2022).

Ndan Yusep menjelaskan Bhabinkamtibmas pada 103 Kelurahan di Surabaya ini akan bekerjasama dengan perangkat Kelurahan untuk mengumpulkan  warga.“Kemudian dicatat untuk dimohonkan secara kolektif," imbuhnya.

Meski begitu, setiap pemohon SIM kata Ndan Yusep juga diharapkan lulus ujian, baik ujian teori elektronik maupun ujian praktik.

Oleh karena itu Satlantas Polrestabes Surabaya lanjut Ndan Yusep juga menyediakan tempat latihan uji SIM praktik di halaman depan Satpas  Colombo yang dapat digunakan warga pemohon SIM. "Bisa didampingi Cak Bhabhin dan petugas Satpas sebelum jadwal uji tes dilaksanakan," paparnya.

Selain itu, pejabat nomor satu di Polrestabes Surabaya ini menuturkan untuk kisi-kisi ujian teori juga bisa diberikan Bhabinkamtibmas kepada warga pemohon SIM di wilayahnya untuk dipelajari. 

Ia menyebut, SIM kolektif Cak Bhabin itu bakal dilaksanakan berkala tergantung jumlah pemohonnya dan sementara hari ini baru dilayani pada hari Sabtu saja. 

"Ini berproses. Nantinya jika animo masyarakat tinggi, maka akan kami buka dengan intensitas lebih banyak,” janjinya.

Mantan Dirkrimsus Polda Jatim ini juga memastikan tidak ada kuota dalam permohonan SIM kolektif yang diajukan oleh Bhabinkamtibmas pada 103 Kelurahan di Surabaya. "Kami akomodir semua permohonan warga. Namun, untuk pelaksanaannya kami jadwalkan agar tidak terjadi penumpukan" pungkasnya. (Yud)