Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapolri Kunjungi Pabrik Minyak Goreng dan Pasar Wonokromo

Instruksikan Kapolda Cek Setiap Hari Ketersediaan Minyak Goreng
Kapolri bersama Gubernur Jatim sewaktu kunjungi pabrik minyak goreng PT. Smart di daerah Rungkut, Surabaya (Foto : Bid Humas Polda Jatim)

Surabaya, Pojok Kiri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda dan jajarannya untuk melakukan pengecekan setiap hari terkait ketersediaan minyak goreng jenis curah demi memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya menjelang bulan Ramadan.

Perintah tersebut disampaikan pejabat nomor satu Polri ini dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur (Jatim) sesuai meninjau secara langsung produsen minyak goreng yakni PT Smart yang berlokasi di kawasan Rungkut, Surabaya, Sabtu (26/3/2022).

Lebih lanjut, Sigit, panggilan karibnya, menerangkan tentunya tempat-tempat lain nanti akan dicek setiap hari oleh Kapolda dengan tim Satgas Pangan. 

“Termasuk tempat yang kosong dimana untuk diinformasikan. Sehingga bisa menghubungi distributor yang sudah dicatat untuk mengisi wilayah yang kosong,” bebernya. 

Menurut Sigit, pengawasan dan pemantauan dari pihak Kepolisian tersebut untuk memberikan kepastian serta jaminan kepada masyarakat bahwa minyak goreng jenis curah stoknya terjamin dan harga penjualannya sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah.

Dengan adanya komitmen Kepolisian tersebut, Sigit menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tenang untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng, khususnya di saat menunaikan ibadah Puasa.

Jadi tentunya sambung  Sigit, pihaknya terus melakukan pengecekan dan kemudian memastikan seluruh kegiatan distribusi berjalan baik. 

"Mudah-mudahan ketersediaan minyak curah dan harga eceran tertinggi betul-betul ada di pasaran, khususnya di bulan Ramadan," harapnya.

Sedangkan terkait maksud dan tujuannya berkunjung di PT. Smart, Sigit menyatakan mendapatkan laporan bahwa pihak produsen itu mampu memproduksi minyak goreng sebanyak 250 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jatim.

Kemudian kata Sigit dari hasil diskusi, PT. Smart siap untuk tingkatkan produksi kebutuhan minyak curah dan ia berjanji akan komunikasikan dengan Kementerian Perindustrian agar bisa diberi tambahan lebih. 

“Kita juga tadi tanyakan langsung ke beberapa distributor yang mendapatkan penugasan dari PT. Smart untuk membagikan dan menyalurkan ke seluruh wilayah Jatim," papar mantan Kabareskrim ini. 

Sebelum meninjau PT. Smart, Kapolri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, Sabtu (26/3/2022) juga mengecek secara langsung ketersediaan minyak goreng, khususnya jenis curah sekaligus harga jualnya di Pasar Wonokromo, Surabaya.

Hasil pengecekan, stok minyak goreng curah di Pasar Wonokromo aman sampai satu minggu ke depan. Para pedagang juga meminta pasokan minyak goreng curah kedepannya dapat berjalan secara rutin dan tidak mengalami keterlambatan.(Yud)