Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembahasan Rancangan APBD TA 2022, Pemkab Pasuruan Sampaikan Pandangan Fraksi DPRD Kabupaten Pasuruan



Pasuruan, Pojok Kiri
Wakil Bupati Pasuruan kembali menggelar rapat pembahasan rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 secara virtual. Gus Mujib sapaan akrab Wakil Bupati Pasuruan menyampaikan sejumlah pandangan terhadap fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Pasuruan. 

Melanjutkan rapat sebelumnya. Rapat tersebut dilaksanakan secara virtual di dua tempat yakni Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti dan Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pasuruan, pandangan tersebut disampaikan merespon dari pertanyaan dan pernyatan dari beberapa. Selasa(2/11/2021). 

Seperti merespon dari pandangan fraksi PDI Perjuangan terkait dengan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pasuruan, Gus Mujib menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah  mengikuti program penanggulangan kemiskinan dari Pemerintah Pusat. 

Hal itu sesuai yang diprioritaskan dalam pemberian bantuan dan jaminan sosial melalui APBD 2022. Langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan seperti pemberian bantuan sosial dan jaminan sosial. 

Tak hanya itu, Gus Mujib juga menjawab pandangan dari fraksi PKB. Menurut Wakil Bupati, SOTK yang baru pada Raperda APBD tahun anggaran 2022 masih menggunakan SOTK yang lama. Sehingga perlu adanya penyesuaian sesuai dengan Perda Nomor 8 Tahun 2021. Tidak terkecuali akan melakukan upaya dalam peningkatan PAD Tahun Anggaran 2021. Sekaligus akan melakukan optimalisasi peningkatan PAD pada Tahun Anggaran 2022. 

"Dapat kami jelaskan pula bahwa rencana defisit dalam RAPBD Tahun Anggaran 2022, akan ditutup dan dibiayai dari optimalisasi pendapatan dan efisiensi belanja tahun sebelumnya. Sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," Pungkasnya. 

Adapun untuk penanganan kasus stunting di Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Daerah akan menindaklanjuti dengan menyusun Perencanaan, Pelaksanaan, serta Kolaborasi yang terintegrasi untuk menurunkan kasus Stunting di Kabupaten Pasuruan.(Tom/Guh)