Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebanyak 392 Warga Binaan Rutan II Bangil DI Suntik Vaksin Moderna.



Pasuruan, Pojok Kiri.
Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II Bangil, mulai divaksin, Vaksinasi para narapidana tersebut digelar di Aula Rutan Bangil, Sabtu (09/10/2021) pagi dengan melibatkan beberapa petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Vaksin nya pun bukan sinovac, melainkan moderna. 

Dari pantauan di lapangan, vaksinasi sangat ditunggu oleh para warga binaan. Saking antusiasnya, beberapa warga binaan sampai harus menunggu beberapa hari, lantaran dari hasil screening, belum dinyatakan lolos.

"Tensi darah saya 180, jadi harus turun dulu sampai di bawah 160. Semoga hari senin sudah normal kembali, karena saya gak merasakan pusing," ungkap TM, salah satu warga binaan.

Sementara itu, Kepala Rutan II B Bangil, Tristiantoro Adi Wibowo mengatakan, dari total 602 warga binaan di Rutan Bangil, jumlah WBP yang divaksin sebanyak 392 orang, mereka adalah warga binaan yang NIK (Nomor Induk Kependudukan)-nya sudah diketahui.

Sedangkan  210 orang yang belum divaksin adalah mereka-mereka yang pada saat masuk Rutan Bangil hingga saat ini belum menyerahkan KTP (Kartu Tanda Penduduk). 

"Banyak warga binaan yang tidak menyerahkan KTP-El ketika masuk Rutan. Konsekuensinya jadi begini. Belum tercatat sebagai peserta vaksinasi untuk hari ini," terangnya.

Oleh karenanya, Rutan Bangil meminta para warga binaan agar bisa menyerahkan data KTP-el melalui keluarga atau siapa saja yang berkunjung ke Rutan Bangil.

"Kita minta para warga binaan untuk menghubungi keluarganya ketika ada jam layanan. Meskipun belum tatap muka, tapi ada video call yang bisa dilakukan. Disitulah kesempatan yang bisa diambil agar secepatnya bisa divaksin dengan menunjukkan KTP," tegasnya. 

Di sisi lain, sebelum vaksinasi digelar, Rutan Bangil juga menyediakan obat-obatan. Utamanya untuk menjaga kesehatan para warga binaan, lantaran vaksin moderna memiliki gejala penyerta. Mulai dari badan pegal-pegal dan panas tinggi.

"Tadi bu dokter juga menyampaikan bahwa efek samping dari vaksin moderna adalah ada pegal-pegal dan panas di badan. Tapi ada juga yang tidak kenapa-kenapa. Tergantung ketahanan tubuh masing-masing. Kita sediakan obat penurun panas dan vitamin," tutup Adi. (Ony/mil).