Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Produksi Plasma Konvalesen Masih Rendah




Pasuruan, Pojok Kiri
Tingginya kebutuhan darah plasma konvalesen, belum mampu dipenuhi PMI Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, produksi plasma konvalesen di PMI Kabupaten Pasuruan masih rendah.

Hanya sekitar empat hingga enam kantong perharinya. Banyakanya pendonor yang tidak memenuhi persyaratan, menjadi penyebab rendahnya produksi darah plasma konvalesen tersebut.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pasuruan, Wiwik Winarningsih menguraikan, kebutuhan darah konvalesen yang masuk ke instansinya, cukup tinggi. Berksiar antara 20 kantong hingga 30 kantong perharinya.

Namun, tidak semua bisa dipenuhi. Karena, hanya 4 kantong sampai 6 kantong perhari yang mampu dicukupi. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya, banyak pendonor plasma yang tidak memenuhi persyaratan.

“Antisiasme untuk donor sebenarnya banyak. Tapi, karena antibody tidak memenuhi persyaratan, sehingga tidak bisa diambil. Itu yang menjadi kendala,” bebernya.

Karena itulah, dominan pihaknya masih mengandalkan pasokan dari luar daerah. Seperti Sidoarjo. "Kami bekerja sama dengan Sidoarjo untuk penyediaan darah plasma ini," sambungnya.(yus)