Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

MAHASISWA KKN-DR (KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH) SOSIALISASIKAN PEMBUATAN HAND SANITIZER ALAMI





Pasuruan, Pojok Kiri
Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan kelompok 3 melakukan KKN-DR ke Desa Gunung Sari. Dimasa pandemi ini, kampus UNWARA PASURUAN menghimbau mahasiswanya yang semester VII melakukan KKN dari rumah demi menghindari penyebaran virus covid-19. Mahasiswa KKN-DR kelompok 3 melakukan sosialisasi pembuatan hand sanitizer kepada para pemuda IPNU dan IPPNU Desa Gunung Sari. Pelaksanaannya dilakukan pada hari Minggu, 02 Agustus 2021. Sebelum acara pembutan hand sanitizer, mereka melakukan doa bersama terlebih dahulu. 

Bahan yang digunakan untuk pembutan hand sanitizer merupakan bahan alami, yakni dari ekstrak daun sirih dan perasan jeruk nipis. Mengapa harus memakai ekstrak daun sirih?
Karena daun sirih mengandung senyawa anti bakteri. Hal ini dapat membantu agar terhindar dari virus covid-19 yang sudah tersebar di negara Indonesia ini.

Cara pengambilan ekstrak daun sirih yaitu dengan cara memotong kecil-kecil daun sirih kemudian direbus selama kurang lebih 15-20 menit. Tunggu hingga dingin, kemudian campur dengan air jeruk nipis yang sudah diperas terlebih dahulu.

Partisipasi pemuda IPNU dan IPPNU membuat mahasiswa menjadi semangat karna melihat mereka yang antusias membantunya untuk memenuhi tugas KKN-DR ini. Pembuatan hand sanitizer berlangsung selama 3 jam dan dilanjut dengan menanam bunga untuk menghias tempat berkumpulnya para pemuda IPNU dan IPPNU tersebut.

Acara penanaman bunga berlangsung selama 1 jam untuk menghiasi tempat berkumpulnya organisasi para pemuda IPNU dan IPPNU. Tanaman yang dipakai untuk menghiasi tempat organisasi ini didapat dari kelompok KKN-DR, masing-masing membawa 1 atau 2 tanaman hias.(his/yus)