Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kebun Raya Purwodadi (KBP) Disulap Menjadi Lokasi Vaksinasi




Pasuruan, Pojok Kiri.
Kebun Raya Purwodadi (KBP) disulap menjadi lokasi vaksinasi, seperti itulah fakta yang terlihat pada Sabtu (07/08/2021) pagi, di mana ribuan warga Kabupaten Pasuruan rela mengantre untuk bisa menerima suntikan vaksin sinovac, plus "berwisata" menghirup oksigen berkualitas baik, Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron mengapresiasi ide Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz yang memilih lokasi vaksinasi di area terbuka seperti Kebun Raya Purwodadi.
Menurutnya, vaksinasi yang digelar di KBP sangat tepat. Sebab KBP merupakan salah satu objek pariwisata outdoor yang memiliki kualitas oksigen yang sangat baik.

Selain itu, pilihan di area terbuka sangatlah disarankan di tengah Pandemi Covid-19. Terlebih lokasi vaksinasi tak terpusat di satu tempat saja, melainkan di sebar di 6 titik yang ada di kawasan KBP.

"Saya acungkan jempol untuk vaksinasi yang diprakasai Pak Kapolres ini. KBP ini tempatnya terbuka dengan banyak pohon yang menghasilkan oksigen berkualitas baik. Tempat vaksinasi juga disebar, sehingga tidak tercipta kerumunan," kata Wabup, di sela-sela acara.
Seperti diketahui, vaksinasi yang digagas Polres Pasuruan bekerja sama dengan Pemkab Pasuruan ini menyediakan 1500 dosis. Jumlah ini habis dalam beberapa jam saja, lantaran membludaknya peserta vaksinasi yang datang langsung ke lokasi, kata Gus Mujib, 

Membludaknya jumlah peserta vaksinasi disebabkan oleh dua faktor. Pertama, karena banyaknya fenomena orang meninggal dunia yang jumlahnya cukup banyak. Dan yang kedua karena vaksinasi menjadi sebuah kebutuhan sehingga berdampak pada meningkatnya kesadaran akan pentingnya vaksinasi.

"Contohnya kalau kita keluar daerah, ke bandara, naik kereta dan lain sebagainya wajib menunjukkan surat keterangan atau kartu selesai vaksinasi. Makanya ketika ada gerai vaksinasi, langsung diserbu," jelasnya.
Lebih lanjut Gus Mujib menegaskan bahwa kegiatan vaksinasi akan terus digelar sebagai bagian dari Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Oleh karenanya, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sering mencari tahu informasi vaksinasi ke beberapa tempat. Seperti kecamatan/kelurahan, kantor desa maupun puskesmas dan faskes lainnya.

"Kalau kata Pak Bupati, kebersamaan semua pihak menjadi kekuatan terbesar dalam menuntaskan pandemi ini. Mari kita gerak cepat vaksin dengan datang ke puskesmas atau kantor kecamatan, kelurahan, kantor desa dan tempat lain yang menyampaikan kabar adanya vaksinasi," tutupnya.
Sementara itu, dalam vaksinasi di KBP, Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz bersama Gus Mujib.

Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro juga mengukuhkan Duta Vaksinasi dan Duta Protokol Kesehatan Kabupaten Pasuruan.

Diharapkan, para duta ini bisa mendengungkan pentingnya prokes dan vaksinasi ke semua kalangan. Utamanya millenial yang seuumuran dengan mereka maupun lapisan masyarakat dari background apapun. (Ony/mil).