Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah Desa Legok Gelar Tes Penjaringan Dan Penyaringan Perangkat Desa.




Pasuruan, Pojok Kiri.
Pemerintah Desa Legok menggelar Tes Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa, bertempat di Kantor Desa Legok Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Sabtu, 31/7/2021. Peserta yang mengikuti tes berjumlah 18 orang yang akan memperebutkan dua jabatan, dan jabatan yang di rebutkan adalah KAUR Perencanaan dan KAWIL, 18 orang peserta ini telah melewati  tahapan demi tahapan, proses penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa, mulai dari pendaftaran hingga seleksi pemberkasan.

Pelaksanaan test tertulis materi ujian pertama sebanyak 50 soal, untuk akademis dengan durasi waktu 60 menit, yang terdiri dari, a. Pendidikan Agama, b. Bahasa Indonesia, c. Pengetahuan Umum. Dan materi  ujian yang ke dua kemampuan tehnis computer dengan durasi 60 menit. Para calon diberikan dokumen serta sebuah soal cerita, sehingga tes ini benar-benar menguji kemampuan mereka soal mengoperasikan computer baik word, maupun excel. Kemampuan mengoperasikan komputer mutlak harus dikuasai oleh seorang perangkat desa, mengingat saat ini hampir semua jenis pekerjaan khususnya dalam bidang pemerintahan desa, tidak pernah lepas dari yang namanya komputer sehingga para calon harus benar-benar menguasai komputer.

Jumadin Fadlih. M.Pd. selaku panitia mengatakan, "Adanya kebutuhan penjaringan dan penyaringan ini di desa Legok memang membutuhkan satu Kaur Perencanaan dan satu Kawil atau kasun untuk memenuhi lowongan tersebut kami lakukan penjaringan dan penyaringan dan alhamdulillah di ikuti oleh masyarakat dan antusias di antaranya telah terjaring sebanyak 15 peserta dari lowongan Kaur perencanaan, dan 3 orang untuk kawil dusun legok, ini semua kami hanya panitia kami selenggarakan, sedangkan untuk ujian kami serahkan kepada pihak ketiga atau rekanan yakni SMK NEGERI Gempol, jadi panitia tidak tau sama sekali isi soal yang di berikan kepada peserta, semuanya di rahasiakan yang tau hanyalah tim penguji dari SMK NEGERI Gempol." Begitu ungkap Jumadin Fadlih. M.Pd.

Dalam acara ini di hadiri oleh beberapa pejabat yang terlibat di antaranya Camat Gempol (Taufiqul Ghony) beserta Sekcam (Mulyohadi) anggota Polsek Gempol (Agus) serta Danramil Gempol, Kepten Edy. Dalam penjelesannya H Ghony panggilan akrapnya mengatakan," bahwa dalam seleksi ini yang pasti yang terbaik yang lulus, yang sudah di tentukan oleh panitia
Bekerjasama dengan pihak ketiga ya itu sudah, wes, tidak ada titipan.... saya tidak bisa ngeluluskan...BPD juga tidak bisa ngeluluskan...Kepala desa juga tidak bisa ngeluluskan, yang bisa adalah dia sendiri dan ini semua takdir dari Alloh Swt, ini proses tentu saya sampaikan terima kasih kepada pak kades NURSALAM proses sudah di siplin, penjagaan juga ketat, prokes juga sudah di ta'ati, ini menunjukkan bahwa proses ini sudah sesuai dengan aturan perbup nomor 27 tahun 2017. Tentu saya terima kasih, muda-mudahan nanti yang terpilih perangkat yang amanah, perangkat yang bisa mendukung visi & misi Kepala desa Legok." Begitu ungkap H Ghony.

Ucapan "SELAMAT" Kepada Rafdata Nafala yang lolos  dalam ujian Kaur perencanaan dengan nilai rata-rata 94,50. Dan "SELAMAT" Juga untuk Bagas Febriansyah yang lolos dalam ujian Kawil dengan nilai 91,50. Ucapan terima kasih juga di sampaikan oleh Kades Nursalam. S.E. Kepada kapolsek Gempol, beserta anggotanya, Danramil Gempol Kapten Edy, serta Bpk Camat atas kehadirannya, serta panitia pelaksana, Jumadin Fadlih. BPD, Tomas, Ini semua berkat kerjasama yang baik sehingga pelaksaan penjaringan dan penyaringan perangkat desa Legok bisa berjalan dengan aman, lancar, sesuai dengan rencana, Kami memang membutuhkan seorang perangkat desa yang mahir, untuk mengoperasikan komputer, dan kami membutuhkan mitra kerja yang bisa membantu kami agar pelayanan ke masyarakat bisa maximal dengan demikian kami selaku kepala desa Legok bisa membawa desa ini lebih maju lagi dan lebih baik dari yang kemarin-kemarin agar warga Legok bisa hidup makmur dan sejahtera. Amin." begitu pungkas kades Nursalam S.E. Kepada media pojok kiri. (Ony).