Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Pasuruan Pertajam Sinergi Bersama Forkopimda Evaluasi Perpanjangan PPKM Mikro Di Jatim



Pasuruan, Pojok Kiri.
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf beserta Forkopimda Kabupaten Pasuruan kembali menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dilaksanakan secara virtual di Command Center Kabupaten Pasuruan, acara yang dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tersebut merupakan tindaklanjut perpanjangan PPKM Mikro di Provinsi Jawa Timur. Hal itu mengacu pada hasil Rapat Koordinasi dengan Kementerian yang digelar sehari sebelumnya.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur tersebut fokus terhadap kondisi pertambahan kasus Covid-19 di seluruh wilayah Jawa Timur. Sekaligus bersifat evaluatif, mulai dari pemberlakuan PPKM Mikro hingga proses vaksinasi.
Dalam penjelasannya, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan beberapa langkah dalam mengantisipasi persebaran Covid-19. Mulai dari melaksanakan koordinasi untuk mempertajam PPKM Mikro hingga melalui penyekatan serta pemeriksaan tes rapid antigen, terutama di akses jalan yang menjadi keluar masuknya masyarakat.

“Sosialisasi serta operasi yustisi juga harus diterapkan, terutama pemberian sanksi kepada masyarakat yang melanggar prokes. Dengan upaya itu, minimal dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di Jatim. Karena itu perlu pengawasan secara intensif, terutama kegiatan-kegiatan masyarakat. Termasuk memperketat perizinan semua kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan”, tandasnya

Selanjutnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa Bupati dan Walikota harus melakukan monitoring terhadap Rumah Sakit, terutama Rumah Sakit rujukan Covid-19. Tujuannya untuk memastikan ketersediaan tempat tidur apabila kasus sudah diatas 60 persen. Berikut menginstruksikan agar Pemda menyediakan tempat isolasi secara terpusat di wilayah tertentu yang mengalami kenaikan kasus.

Di samping itu, Gubernur juga meminta ada sinergi antara Bupati/Walikota bersama Forkopimda dalam penerapan PPKM Mikro. Sekaligus meminta ada pembatasan dan pengurangan mobilitas masyarakat untuk mengurangi kerumunan dan mencegah penularan Covid-19.
“Semoga ikhtiar yang kita lakukan bersama mampu mengurangi serta mencegah penularan Covid-19. Semua evaluasi ini mohon untuk dilaksanakan dan diterapkan”, harap Gubernur. (Ony/Eka).