Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bangun Perpustakaan untuk Wujudkan SPN Pendidikan

 


Pasuruan,pojok kiri
Upaya untuk menciptakan standar pelayanan nasional (SPN) di dunia pendidikan, terus dilakukan Dispendik Kabupaten Pasuruan. Salah satunya, dengan peningkatan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah.

Seperti dengan membangun perpustakaan sekolah. Kepala Dispendik Kabupaten Pasuruan, Ninuk Ida Suryani kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan,  menyampaikan, perpustakaan merupakan bagian penting di sekolah. Sayangnya, masih banyak sekolah yang belum memiliki gedung perpustakaan yang memadai. 

Karena, masih ada yang memanfaatkan ruang guru ataupun ruang kelas untuk perpustakaan. Hal inilah yang membuat pemerintah daerah memandang perlunya pendirian perpustakaan di sekolah-sekolah. 

“Ketersediaan perpustakaan merupakan salah satu penunjang dalam mewujudkan SPN. Untuk itulah, kami berencana membangun perpustakaan di sekolah-sekolah,” bebernya. 

Dra,Ninuk Ida.Suryani.MSi
Kepala dispendik

Sebanyak 20 perpustakaan direncanakan bakal dibangun tahun ini. Untuk pembangunan gedung perpustakaan tersebut, Pemkab Pasuruan mendapat dukungan anggaran dari APBN 2021. Besarnya, rata-rata Rp 200 juta. Total anggaran yang disiapkan, mencapai Rp 4,1 miliar. “Anggarannya bersumber dari DAK 2021,” jelasnya. 

Dengan pembangunan perpustakaan tersebut, diharapkan pula bisa menunjang proses pembelajaran di sekolah nantinya. Sehingga, para pelajar bisa lebih mudah untuk mendapatkan referensi buku-buku yang dibutuhkan di perpustakaan. 

“Perpustakaan merupakan gudang ilmu. Dengan adanya perpustakaan, diharapkan mempermudah pelajar untuk mendapatkan pengetahuan,” ulasnya.(yus*)