Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pantau Harga, Tim Gabungan Sidak Pasar Bangil




Pasuruan Pojok Kiri Sidak harga dilakukan tim gabungan Disperindag Kabupaten Pasuruan bersama Polri, TNI serta Satpol PP Kabupaten Pasuruan, di pasar Bangil kemarin (21/4). Dalam sidak tersebut, tim gabungan menemukan adanya beberapa barang kebutuhan pokok yang merangkak naik saat Ramadan. 

Kenaikan harga itu seperti terjadi pada telur broiler dan ayam pedaging. Untuk telur ayam broiler misalnya. Sebelumnya, masih berada di level Rp 21.500 per kilogram. Namun, saat ini, berada dikisaran Rp 24.500 per kilogram.
Sedangkan untuk harga daging ayam, semula hanya Rp 34 ribu per kilogram. Tapi, memasuki Ramadan, harganya tembus Rp 40 ribu per kilogram. Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kabupaten Pasuruan, Absanul Rifa’i menjelaskan, secara keseluruhan, harga kebutuhan pokok relatif stabil.

Hanya ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. “Seperti harga telur dan daging ayam,” ujarnya. 

Kenaikan ini dipicu, kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Sementara, pasokan barang, berkurang. Sehingga, harga pun terangkat. Tapi, masih bisa terkontrol. 




Menurut Rifa’i, tidak semua harga kebutuhan pokok naik. Beberapa dinataranya, justru mengalami penurunan. Seperti harga cabai rawit. Awal bulan April 2021, harganya dikisaran Rp 57 ribu. Sekarang, dikisaran Rp 55 ribu per kilogram.
Monitoring ini akan terus dilakukan, untuk memantau pergerakan harga. Karena, momen Ramadan, kerap membuat harga sembako naik. “Monitoring tidak hanya di Pasar Bangil. Tetapi juga akan dilakukan di pasar yang lain,” imbuhnya.(yus)